Betelgeuse Terus Meredup, Apa Penyebab Sebenarnya?

Betelgeuse semakin redup! Sebelum September 2019, magnitudonya 0,42, sekarang tercatat sudah +1,5 (semakin besar angka magnitudo, semakin redup sebuah bintang). Apa penyebab sebenarnya?
Info Astronomy - Betelgeuse belakangan teramati terus mengalami peredupan, hal yang membuat para astronom bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi. Bintang ini memang akan meledak dalam supernova di akhir hidupnya, tetapi diperkirakan baru akan terjadi dalam puluhan ribu tahun atau lebih. Jadi, apa yang menyebabkan peredupannya saat ini?

Duo astronom dari Universitas Villanova, Edward Guinan dan Richard Wasatonic, adalah yang pertama kali melaporkan peredupan Betelgeuse. Dalam postingan terbaru mereka di Astronomer's Telegram, keduanya melaporkan peredupan Betelgeuse masih terus berlanjut dengan laju yang melambat.

Betelgeuse adalah bintang paling terang kedua di rasi bintang Orion. Ia meninggalkan fase deret utama dalam kehidupannya sekitar satu juta tahun yang lalu dan saat ini telah menjadi super raksasa merah untuk sekitar 40.000 tahun ke depan sebelum akhirnya kehabisan bahan bakar.

Baca Juga: Bagaimana Bintang Menyala di Ruang Hampa Udara?

Bintang ini dikenal juga sebagai bintang variabel semi-reguler, yang artinya kecerahannya dapat bervariasi dalam siklus tertentu. Pengamatan bertahun-tahun terhadap bintang ini diketahui bahwa salah satu siklusnya bisa berlangsung sekitar 420 hari, kadang bisa juga sekitar 5 atau 6 tahun, hingga ada pula siklus yang lebih pendek, sekitar 100 hingga 180 hari.

Meskipun fluktuasi kecerahan Betelgeuse sebenarnya dapat diprediksi dan selalu mengikuti siklus ini, peredupan saat ini rupanya berbeda.

Menurut postingan Guinan dan Wasatonic di Astronomer's Telegram tadi, suhu Betelgeuse saat ini telah turun -173 derajat Celius dan luminositasnya telah turun hampir 25% sejak September 2019. Menariknya, diameter Betelgeuse justru telah tumbuh besar sekitar 9%. Pembengkakan ini diperkirakan terjadi seiring bertambahnya usia Betelgeuse.
Seperti bintang pada umumnya, Betelgeuse menghasilkan panas pada intinya melalui fusi. Panas dari inti tersebut lalu dialirkan ke permukaannya melalui konveksi. Arus yang membawa panas itu dikenal sebagai sel konveksi, yang dapat dilihat di permukaannya sebagai bercak gelap. Saat sang bintang berotasi, sel-sel gelap ini juga ikut berputar, yang saat diamati dari Bumi memiliki efek "kedipan" pada cahayanya.

Sel konveksi bisa sangat besar, bahkan bisa lebih besar daripada diameter planet Jupiter. Mungkinkah sel-sel konveksi raksasa ini yang sekarang membuat cahaya bintang Betelgeuse seolah meredup?