Cara Mudah Mengetahui Rasi Bintang di Langit Malam

Info Astronomy - Ada total 88 rasi bintang resmi di langit yang diakui oleh Persatuan Astronomi Internasional. Dari banyaknya jumlah rasi bintang itu, bisakah kamu mengetahui dengan mudah di mana letak-letak rasi bintang tersebut?

Nah, di artikel ini, saya akan coba jelaskan mengenai bagaimana cara kita bisa langsung tahu ada rasi bintang apa setiap malamnya. Karena belajar astronomi tidak harus dimulai dengan hitung-menghitung, tapi bisa juga belajar dari hal yang paling sederhana; melihat dan memahami sebuah rasi bintang.

Selama berabad-abad, rasi bintang menjadi pemandu bagi manusia di seluruh dunia. Setidaknya, ada empat rasi bintang yang digunakan oleh para nelayan, para petani, maupun pencinta kegiatan alam, untuk mengetahui arah mata angin. Keempatnya adaah rasi bintang Ursa Minor (di Indonesia juga dikenal sebagai Biduk), rasi bintang Crux (dikenal juga sebagai Gubung Penceng), rasi bintang Orion, dan rasi bintang Skorpius.

Sayangnya, saat ini rasi bintang seolah menjadi sebuah "seni yang hampir punah". Kemajuan kota-kota di dunia menyebabkan tingkat polusi cahaya meninggi, yang membuat pandangan kita ke bintang-bintang di langit menjadi sangat sulit karena langit tidak gelap lagi. Seolah mengetahui rasi bintang saat ini seperti hal yang sepele, bukan sebuah kebutuhan lagi.

Mungkin hanya orang-orang yang memiliki minat dalam belajar astronomi yang ingin mengetahui ada rasi bintang apa di langit, selebihnya adalah sekelompok orang yang tidak peduli.

Oke, kembali lagi ke pembahasan, bagaimana cara kita bisa tahu ada rasi bintang apa pada malam-malam tertentu atau setiap malamnya?

Menemukan Bintang
Bergantung pada lokasi dan waktu di mana kamu sekarang berada, bintang-bintang yang diamati juga berbeda. Di zaman serba modern ini, ada banyak aplikasi daring dan bahkan luring yang dapat membantu kita mengidentifikasi posisi dan bentuk rasi bintang.

Jika kamu tidak memiliki teman yang merupakan seorang pengamat langit "veteran" (yang sudah paham rasi-rasi bintang), aplikasi peta bintang dapat membantumu menemukan setiap rasi bintang. Ada banyak aplikasi yang bisa dicoba, seperti aplikasi Starry Night, Stellarium, atau Google Sky Map, yang mana ketiganya dapat memungkinkanmu berlatih mengetahui bentuk dan letak rasi bintang.

Baca Juga: 5 Aplikasi Peta Langit Wajib Dicoba

Tapi, jangan bergantung dengan aplikasi saja, kamu juga harus benar-benar melihat langsung beberapa rasi bintang. Semacam mencocokkan apa yang ada di aplikasi dengan yang ada di langit.

Carilah lokasi pengamatan yang kondisi langit malamnya masih cukup gelap, buka aplikasi peta bintang yang sudah kamu unduh, lalu cari beberapa bintang terang yang ada di dalam aplikasi tersebut. Bila sudah menemukan bintangnya di dalam aplikasi, cobalah tengok langit pada arah yang persis sama dengan yang tertera pada aplikasi peta bintang tersebut.

Sebagai contoh, dalam aplikasi peta bintang kamu menemukan adanya bintang Betelgeuse, yang merupakan bintang paling terang di rasi bintang Orion. Nah, dengan menemukan Betelgeuse, kamu sudah menemukan rasi bintang Orion sehingga tinggal mencari tahu dan memahami bentuknya saja. Lakukan hal yang sama untuk mengetahui bentuk-bentuk rasi bintang lainnya.

Pahami juga letak bintang-bintang terang tersebut, kapan bintang-bintang terang tersebut muncul, dan bagaimana bentuk rasi bintang di mana bintang tersebut berada. Memang tidak instan, butuh proses dan semangat bila mau belajar.

Dengan begitu banyak bintang yang nantinya kami amati dan pelajari, niscaya kamu bisa dengan mudah mengetahui ada rasi bintang apa setiap malamnya, dan kamu bisa menunjukkan kebolehanmu kepada teman-temanmu.

Selamat belajar rasi bintang!
BERIKAN KOMENTAR ()