Cara Belajar Rasi Bintang ala BelajarAstro

Info Astronomy - Ada sebanyak 88 rasi bintang di langit malam. Menghafal semua bentuk dan namanya mungkin menjadi hal yang cukup sulit bagi yang baru berminat belajar astronomi. Lalu, bagaimana cara belajar rasi bintang yang bisa bikin kamu jago baca rasi bintang?

Sebelum melanjutkan, kami mau kasih tahu sesuatu dulu nih: kamu tidak harus kok bisa menghafal bentuk dan nama rasi bintang untuk belajar astronomi. Jauh lebih bermanfaat jika yang kamu ketahui adalah sejarah masing-masing rasi bintang, bagaimana mereka ada sekarang dengan pola yang demikian.

Tapi, tetap tidak ada salahnya juga ya kalau mau menghafal bentuk dan nama rasi bintang. Hal itu tentunya akan jadi sesuatu yang keren menurutmu. Bayangkan saja, saat sedang mengamati langit malam bersama teman-teman di gunung misalnya, kamu bisa dengan mudah mengetahui ada rasi bintang apa di langit malamnya.

Baca Juga: 5 Fakta Rasi Bintang yang Mungkin Belum Kamu Tau

Oke, oke. Kita langsung saja deh. Di sini BelajarAstro akan berbagi kiat-kiat biar kamu bisa jago baca rasi bintang. Eits, jangan berekspektasi tinggi dulu kamu bisa jago dalam 1-2 hari ya, kiat-kiat di bawah ini sebaiknya dilakukan secara terus menerus. Practice makes perfect.

Rajin-rajin Mengamati Langit Malam

Ini adalah hal mendasar yang wajib kamu lakukan kalau mau bisa jago baca rasi bintang: rajin-rajin mengamati langit malam. Dengan rutin melakukannya, kamu jadi bisa terbiasa dalam hal menemukan benda-benda langit tertentu.

Misalnya di hari pertama, malamnya kamu menemukan ada satu bintang terang. Lalu di malam kedua, kamu menemukan bahwa bintang terang tersebut sudah berubah posisinya, padahal diamati pada waktu yang sama. Dari hal-hal semacam itu, kamu jadi bisa memahami pergerakan benda-benda langit sekaligus melatih mata kamu agar bisa beradaptasi dengan gelapnya langit malam.

Jadi, mulailah dengan mengamati langit malam, cari bintang-bintang terang dulu, lalu cari tahu juga nama bintangnya, kapan ia terbit, dan berada di rasi bintang apa bintang tersebut. Lambat tapi pasti, kamu jadi bisa hafal rasi bintang hanya dengan mengetahui bintang-bintang terangnya saja.

Lakukan hal ini setidaknya selama 3 bulan. Tidak perlu berturut-turut tiap malam mengamati langit, melainkan sempatkan saja waktu minimal satu jam untuk mengamati langit malam.

Gabung Klub Astronomi

Ada banyak klub astronomi yang tersebar di seantero wilayah Indonesia, mungkin juga termasuk di daerah kamu. Cari tahu deh kapan mereka biasanya mengadakan acara pengamatan, lalu beranikan diri untuk datang dan ikut belajar bersama mereka.

Kamu bisa berkenalan dengan teman-teman baru yang seminat denganmu. Dari acara pengamatan yang mereka lakukan, kamu bisa ajukan pertanyaan ke seorang senior di klub tersebut tentang rasi bintang. Belajar bersama orang-orang yang seminat niscaya bisa lebih seru.

Manfaatkan Aplikasi Peta Langit

Baik untuk iOS atau Android, ada banyak banget kok aplikasi peta langit gratis yang tersebar di toko aplikasi masing-masing. Aplikasi peta langit adalah semacam "live view" kondisi langit di daerahmu. Dengan begitu, kondisi yang ada pada peta langit akan sama dengan kondisi langit yang sebenarnya.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Rasi Bintang

Jadi, saat peta langit menampilkan adanya rasi bintang Orion di langit atas kepala, itu artinya memang Orion bisa kamu amati dengan mendongakan kepala ke atas. Nah, aplikasi semacam ini akan memudahkan kamu untuk menemukan rasi bintang.

Cobalah dengan satu rasi bintang tertentu, bisa pilih dari zodiakmu deh. Cari rasi bintang itu di aplikasi peta langit, lalu mulai pengamatan langsung ke langit sungguhan untuk menemukan rasi bintang tersebut. Kalau berhasil, coba lakukan untuk rasi bintang lainnya ya.

Itu dia tiga kiat cara belajar rasi bintang ala BelajarAstro. Mau belajar topik astronomi lainnya lewat video dan modul materi di kelas online yang seru? Langsung cek kelas yang tersedia di BelajarAstro yuk!

Klik di sini untuk mulai belajar: belajar.infoastronomy.org
BERIKAN KOMENTAR ()