Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

10 Hari Lagi Menjelang Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016!

Hari ini tepat 10 hari lagi menjelang peristiwa akbar tahun ini; Gerhana Matahari Total! Sudahkah Anda mempersiapkan diri? Seperti menyiapkan alat pengamatan, persiapan tur ke daerah yang dilalui jalur total atau justu Anda belum tahu sama sekali informasi mengenai peristiwa ini?
Gerhana Matahari Total di Yiwu, Tiongkok pada 1 Agustus 2008. Kredit: Lowell Robinson
Info Astronomy - Hari ini tepat 10 hari lagi menjelang peristiwa akbar tahun ini; Gerhana Matahari Total! Sudahkah Anda mempersiapkan diri? Seperti menyiapkan alat pengamatan, persiapan tur ke daerah yang dilalui jalur total atau justu Anda belum tahu sama sekali informasi mengenai peristiwa ini?

Ya, se-pu-luh hari lagi, Anda tidak salah membaca. Tepat 9 Maret 2016, ketika fajar menyingsing, Bulan telah bersiap "menggigit" Matahari. Indonesia bakal menjadi satu-satunya negara yang dilalui jalur Gerhana Matahari Total (GMT) pada 10 hari mendatang.

12 provinsi akan dilalui jalur GMT yaitu Bengkulu bagian utara, selatan Jambi, Sumatera Selatan, Bangka, Belitung, selatan Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan bagian utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Jalur GMT terentang sepanjang 1.200-1.300 kilometer yang bermula di Samudra Hindia dan berakhir di Samudra Pasifik di utara Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat. Lebar jalur gerhana ini 155-160 kilometer.

GMT akan terjadi di pagi hari. Di wilayah Indonesia barat, gerhana dimulai sekitar pukul 06:20 WIB atau sesaat setelah Matahari terbit. Fase total gerhana, yaitu tertutupnya seluruh piringan Matahari oleh piringan Bulan hingga hanya menyisakan cahaya korona Matahari, terjadi mulai pukul 07:20 WIB dan hanya berlangsung 1,5 hingga 2 menit. Cahaya korona itu akan tampak sebagai mahkota cahaya yang indah.

Di wilayah Indonesia tengah, gerhana dimulai sekitar 07:25 WITA dan puncak gerhana terjadi sekitar sejam kemudian dengan lama gerhana 2 hingga 2,5 menit. Sementara di Indonesia timur, gerhana dimulai sekitar 08:35 WIT dan fase total gerhana pada pukul 09:50 WIT dengan lama durasi 2,5 hingga 3 menit.

Harus diingat, waktu pasti terjadinya gerhana di setiap daerah, termasuk yang berada dalam satu wilayah waktu, bisa berbeda. Lama fase total gerhana pun berbeda, makin ke timur wilayah Indonesia akan semakin lama. Fase total terlama pada gerhana kali ini sepanjang 4 menit 9 detik. Namun, gerhana terlama itu hanya bisa disaksikan di satu titik di Samudra Pasifik (di utara jauh Papua Niugini).

Di luar wilayah yang dilintasi jalur GMT hanya akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian (GMS). Sebagian besar wilayah Indonesia hanya akan bisa menyaksikan model gerhana ini seperti bagian utara Sumatera, Jawa, Bali-Nusa Tenggara, dan Papua.

Pada GMS, Matahari akan terlibat seperti sabit cahaya. Makin dekat jalur lintasan GMT, bagian piringan Matahari yang tertutup piringan Matahari makin besar dan sabit Matahari yang terlihat makin tipis. Di wilayah Indonesia, besar piringan Matahari yang tertutup piringan Bulan paling sedikit sekitar 60 persen.

Baca juga: Persentase Gerhana Matahari 9 Maret 2016 dari 34 Provinsi di Indonesia

Cara Aman Melihat Gerhana Matahari Total

Melihat Matahari saat gerhana ataupun tidak saat gerhana sangat berbahaya. Silaunya cahaya Matahari dapat merebus retina mata, dan lambat laun menyebabkan katarak hingga kebutaan. Tapi hal ini bisa diakali!

Cara aman melihat gerhana matahari ialah dengan melakukan proyeksi lubang jarum yang diarahkan ke Matahari dan akan memunculkan gambar Matahari ke selembar kertas. Sangat penting untuk diingat, jangan melihat Matahari secara langsung ketika mencoba eksperimen proyeksi lubang jarum.

Baca juga: Tutorial Membuat Proyeksi Lubang Jarum

Cara aman lainnya yaitu dengan menggunakan kacamata khusus untuk melihat gerhana Matahari, karena kacamata hitam biasa saja tidak cukup aman. Kacamata khusus ini memiliki filter yang aman untuk dipakai. Selain itu filter yang aman untuk melihat gerhana Matahari juga tersedia untuk teleskop ataupun teropong, jadi bisa digunakan untuk menikmati gerhana Matahari.

Pastikan Anda memakai kacamata Matahari yang dilapisi filter dengan Neutral Density 5, sebab filter ini mampu meredam intensitas silau Matahari mencapai 100.000 kali. Dengan begitu, melihat langsung ke arah Matahari saat terjadi gerhana dengan kacamata Matahari menjadi 100.000 kali lebih aman daripada melihatnya dengan mata telanjang.

Siapa Bilang Melihat Gerhana Matahari Melalui Air di Baskom Itu Aman?

Seperti dikutip dari Langit Selatan, ember atau baskom berisi air tidak banyak mengurangi intensitas sinar Matahari. Ini adalah cara yang keliru untuk mengamati gerhana Matahari secara aman. Karena meskipun air hanya memantulkan 5% cahaya Matahari, pantulan yang dihasilkan masih sangat terang dan pada akhirnya akan tetap dapat menyebabkan kebutaan.

Ketika terjadi gerhana Matahari total, pada saat seluruh permukaan Matahari tertutupi Bulan 100%, kita dapat melihat secara langsung ke arah Matahari tapi hanya untuk beberapa saat saja, dalam kisaran beberapa detik sampai beberapa menit. Setelahnya, kita harus mulai siap-siap ketika Bulan sudah kelihatan bergerak pergi dan sedikit permukaan Matahari mulai muncul lagi, segera melakukan lagi cara melihat yang aman.

Bagi Anda yang berencana memotret Gerhana Matahari, pastikan kamera Anda juga dilengkapi filter Matahari. Selain bisa melindungi sensor kamera, filter Matahari pada kamera juga membuat citra Matahari yang dipotret menjadi lebih luar biasa indah. Pengguna teleskop atau binokuler juga diwajibkan menggunakan filter Matahari. Filter Matahari dapat dibeli di toko-toko alat fotografi, toko perangkat keras, atau bisa dibeli secara online.

Selamat menyambut Gerhana Matahari 9 Maret 2016!

Unduh ebook panduan dan informasi Gerhana Matahari 9 Maret 2016 yang berisi penjelasan serta waktu dan durasi gerhana di setiap daerah di Indonesia pada tautan ini: infoastronomy.org/gerhana-2016
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.