Saran pencarian

Inilah Persentase Gerhana Matahari 9 Maret 2016 di 34 Provinsi di Indonesia

Peristiwa Gerhana Matahari 9 Maret 2016 semakin dekat! Tapi, sudah tahukah Anda berapa persentase gerhana di provinsi tempat Anda tinggal? Berikut ini, kami akan jabarkan secara lengkap persentase gerhana dari 34 provinsi di Indonesia!
Ilustrator: Info Astronomy
Info Astronomy - Peristiwa Gerhana Matahari 9 Maret 2016 semakin dekat! Tapi, sudah tahukah Anda berapa persentase gerhana di provinsi tempat Anda tinggal? Berikut ini, kami akan jabarkan secara lengkap persentase gerhana dari 34 provinsi di Indonesia!

Pulau Sumatra

Persentase Gerhana Matahari 9 Maret 2016 di Sumatra. Hak cipta: Info Astronomy
Di Pulau Sumatra, seluruh provinsinya dapat mengamati Gerhana Matahari 9 Maret 2016, namun hanya provinsi Sumatra Selatan, tepatnya Palembang, yang mendapat jatah Gerhana Matahari Total (GMT). Sisanya, seperti Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Bengkulu dan Lampung hanya melihat Gerhana Matahari Sebagian (GMS).

Pada infografis di atas juga ada Kepulauan Riau yang mendapat jatah GMS serta Kepulauan Bangka Belitung yang mendapat jatah GMT.

GMT maupun GMS di Pulau Sumatra, Kepulauan Riau dan Kepulauan Bangka Belitung pada 9 Maret 2016 terjadi pada pagi hari. Mulai kontak awal gerhana pukul 06:20 WIB, lalu puncak gerhana pukul 07:20 WIB dan gerhana berakhir pukul 08:30 WIB. Waktu dan durasi di setiap daerah berbeda-beda mulai 2 sampai 4 menit.

Pulau Kalimantan

Persentase Gerhana Matahari 9 Maret 2016 di Pulau Kalimantan. Hak cipta: Info Astronomy
Di Pulau Kalimantan, seluruh provinsinya dapat melihat Gerhana Matahari pada 9 Maret 2016. Namun, hanya Kalimantan Tengah, tepatnya Palangkaraya dan Sekitarnya, yang mendapat jatah untuk melihat GMT. Sisanya, seperti Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara hanya mendapat GMS.

GMT maupun GMS di Pulau Kalimantan pada 9 Maret 2016 terjadi pada pagi hari. Mulai kontak awal gerhana pukul 07:25 WITA, lalu puncak gerhana pukul 08:35 WITA dan gerhana berakhir pukul 09:40 WITA. Waktu dan durasi di setiap daerah berbeda-beda mulai -2 sampai 5 menit.

Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara dan Maluku

Persentase Gerhana Matahari 9 Maret 2016 di Sulawesi, Nusa Tenggara dan Maluku. Hak cipta: Info Astronomy
Di Sulawesi, Nusa Tenggara maupun di Maluku, semua provinsinya dapat melihat Gerhana Matahari 9 Maret 2016. Namun di Sulawesi, hanya Sulawesi Tengah yang mendapat jatah GMT, dan provinsi lainnya melihat GMS. Sementara di Nusa Tenggara dan Maluku tidak mendapat GMT sama sekali.

Untuk Sulawesi, waktu mulai gerhana adalah pukul 07:30 WITA, puncak gerhana pukul 08:40 WITA, dan gerhana berakhir pukul 09:50 WITA. Sementara itu, untuk Nusa Tenggara dan Maluku, waktu gerhananya hampir sama, hanya berbeda -5 hingga 10 menit.

Pulau Jawa dan Bali

Persentase Gerhana Matahari 9 Maret 2016 di Pulau Jawa. Hak cipta: Info Astronomy
Untuk Gerhana Matahari 9 Maret 2016, seluruh provinsi di Pulau Jawa maupun Bali sama sekali tidak kebagian GMT, melainkan hanya GMS. Persentase gerhana terbesar ada di Banten (89%), dan persentase gerhana terkecil ada di Bali (77%).

Untuk Jawa, GMS dimulai pukul 06:20 WIB, puncak gerhana pukul 07:25 WIB, dan gerhana berakhir pukul 08:35 WIB. Sementara untuk Bali, tambahkan 1 jam karena Bali berada di wilayah Waktu Indonesia Tengah (WITA). Waktu dan durasi untuk setiap daerah di Jawa dan Bali berbeda-beda, mulai -1 hingga 3 menit.

Pulau Papua

Persentase Gerhana Matahari 9 Maret 2016 di Pulau Papua. Hak cipta: Info Astronomy
Pulau Papua hanya memiliki dua provinsi, yakni Papua dan Papua Barat. Baik Papua maupun Papua Barat, keduanya hanya akan melihat GMS. Dan dari seluruh provinsi di Indonesia, hanya Papua dan Papua Barat lah yang mendapat persentase gerhana terkecil, mulai 94% di Sorong, hingga 52% di Merauke.

Gerhana di Pulau Papua dimulai pukul 08:40 WIT, puncak gerhana pukul 10:00 WIT dan gerhana berakhir pukul 11:32 WIT. Waktu dan durasi gerhana di setiap daerah di Papua berbeda-beda, mulai 1 hingga 50 menit.

Nah, itulah persentase Gerhana Matahari 9 Maret 2016 dari seluruh provinsi di Indonesia. Bagi Anda yang ingin tahu lebih detail terkait waktu, durasi dan persentase untuk daerah tempat tinggal Anda, silakan unduh ebook panduan dan informasi gerhana di pada tautan ini: infoastronomy.org/gerhana-2016
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.