TOI 700 d: Planet Ekstrasurya yang Mirip Bumi Kita

TOI 700 d, sebuah planet ekstrasurya yang terletak sekitar 101,4 tahun cahaya dari Bumi, adalah planet yang disinyalir mirip Bumi.
Ilustrasi planet TOI 700d. Kredit: NASA

InfoAstronomy - Apakah kita benar-benar sendirian di alam semesta? Pertanyaan ini telah berkecamuk di kepala umat manusia selama berabad-abad. Namun, mungkin kita telah menemukan petunjuk baru dalam pencarian jawaban.

TOI 700 d, sebuah planet ekstrasurya yang terletak sekitar 101,4 tahun cahaya dari Bumi, telah muncul sebagai salah satu kandidat menarik dalam penelitian tentang kehidupan di luar angkasa. Planet ini, dengan sifat-sifat yang mirip dengan Bumi, menimbulkan tanda-tanda harapan dalam upaya kita untuk memahami dunia yang jauh di luar sistem surya kita.

Planet di Zona Laik Huni

TOI 700 d adalah salah satu dari tiga planet yang mengorbit bintang TOI 700, sebuah bintang katai merah yang terletak di rasi bintang Dorado di langit malam.

Hal yang menjadikan TOI 700 d sangat menarik adalah posisinya di zona laik huni. Zona ini adalah jarak yang tepat dari bintangnya di mana suhu di permukaan planet memungkinkan keberadaan air cair, salah satu elemen penting untuk kehidupan seperti yang kita ketahui. Lokasi pada sistem bintangnya ini membuat TOI 700 d menonjol sebagai kandidat menarik dalam pencarian kehidupan di luar Bumi.

Sistem TOI 700. Kredit: NASA

Sifat-sifat Mirip Bumi

TOI 700 d memiliki beberapa sifat yang sangat menarik yang membuatnya tampak mirip dengan Bumi. Pertama-tama, planet ini memiliki ukuran yang hampir sama dengan Bumi, dengan radius sekitar 1,2 kali lipat dari Bumi. Ini berarti TOI 700 d mungkin memiliki gravitasi yang cukup mirip dengan Bumi, yang berarti berat badan manusia di planet ini tidak akan terlalu berbeda.

Selanjutnya, planet ini berjarak cukup dekat dengan bintang induknya, TOI 700, sehingga tahunnya hanya berlangsung sekitar 37 hari Bumi. Meskipun ini mungkin membuat kamu berpikir bahwa planet ini sangat panas, TOI 700 adalah bintang katai merah yang lebih dingin daripada matahari kita. Oleh karena itu, TOI 700 d mungkin memiliki kondisi suhu yang mendukung keberadaan air dalam wujud cair.

Namun, keberadaan air dalam wujud cair adalah hanya satu aspek. Atmosfer planet ini juga akan menjadi faktor penting. Jika TOI 700 d memiliki atmosfer yang tebal, hal ini dapat membantu menjaga suhu permukaan dalam kisaran yang mendukung kehidupan.

Pencarian Tanda-tanda Kehidupan

Salah satu tantangan utama dalam pencarian kehidupan di luar Bumi adalah mendeteksi tanda-tanda kehidupan di permukaan planet. TOI 700 d adalah salah satu planet yang mungkin menjadi target penelitian ini dalam beberapa tahun mendatang.

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk mencari tanda-tanda kehidupan di TOI 700 d, termasuk analisis spektrum cahaya yang dapat mengungkapkan komposisi atmosfer planet tersebut. Keberadaan unsur-unsur seperti oksigen, metana, atau ozon dalam atmosfer planet dapat memberikan petunjuk tentang kemungkinan kehidupan di sana.

TOI 700 d adalah contoh yang sangat menarik dari planet ekstrasurya yang tampaknya mirip dengan Bumi dalam beberapa aspek kunci. Meskipun masih banyak yang perlu dipahami tentang planet ini, termasuk komposisi atmosfernya, keberadaan air cair, dan potensi kehidupan, namun planet ini telah menjadi subjek minat dalam penelitian tentang exoplanet.

Mencari tanda-tanda kehidupan di luar angkasa adalah tantangan besar, tetapi TOI 700 d adalah salah satu kandidat yang menarik untuk penelitian lebih lanjut. Dengan peralatan dan teknologi yang terus berkembang, kita semakin dekat dalam upaya kita untuk menjawab pertanyaan tentang keberadaan kehidupan di luar Bumi. Satu hal yang pasti, TOI 700 d telah memberikan kita tanda-tanda harapan baru dalam pencarian ini, dan masa depan penelitian planet ekstrasurya sangat cerah.

Jadi, apakah TOI 700 d adalah rumah bagi kehidupan ekstraterestrial? Hanya waktu dan penelitian yang akan memberikan jawaban pasti. Tetapi satu hal yang pasti, planet ini membuka pintu bagi kita untuk lebih memahami alam semesta yang luas dan menarik di sekitar kita.

• Airapetian, V., Bell, J., & Glocer, A. (2022, December). Transition from XUV Driven Ion Escape to Hydrodynamic Escape: Implications For Habitability of TRAPPIST1 bh and TOI-700d Rocky Exoplanets. In AGU Fall Meeting Abstracts (Vol. 2022, pp. P35C-1897).
  • Cohen, O., Garraffo, C., Moschou, S. P., Drake, J. J., Alvarado-Gómez, J. D., Glocer, A., & Fraschetti, F. (2020). The Space Environment and Atmospheric Joule Heating of the Habitable Zone Exoplanet TOI 700 d. The Astrophysical Journal, 897(1), 101.
  • Dong, C., Jin, M., & Lingam, M. (2020). Atmospheric escape from TOI-700 d: Venus versus Earth analogs. The Astrophysical Journal Letters, 896(2), L24.
  • Gilbert, E. A., Vanderburg, A., Rodriguez, J. E., Hord, B. J., Clement, M. S., Barclay, T., ... & Zapparata, A. (2023). A Second Earth-sized Planet in the Habitable Zone of the M Dwarf, TOI-700. The Astrophysical Journal Letters, 944(2), L35.
  • Gilbert, E. A., Barclay, T., Schlieder, J. E., Quintana, E. V., Hord, B. J., Kostov, V. B., ... & Winters, J. G. (2020). The first habitable-zone Earth-sized planet from TESS. I. Validation of the TOI-700 system. The Astronomical Journal, 160(3), 116.