Hujan Meteor Orionid Mencapai Puncaknya Malam Ini, 21 Oktober 2021

Info Astronomy - Malam ini, 21 Oktober 2021, kalau cuaca cerah dan lokasi pengamatan kamu minim polusi cahaya, kamu berkesempatan untuk melihat hujan meteor Orionid yang sedang mencapai puncaknya.

Setiap 2 Oktober hingga 7 November 2021, Bumi kita melintasi bekas jalur orbit Komet Halley. Di sepanjang bekas jalur orbit ini, terdapat banyak debris yang ditinggalkan oleh sang komet. Nah, dengan gravitasinya, Bumi kita menarik banyak debris tersebut, masuk lah mereka ke atmosfer sebagai meteor. Karena jumlahnya banyak, disebut lah sebagai hujan meteor.

Menurut EarthSky.org, Orionid adalah salah satu hujan meteor terbaik setiap tahunnya. Sesuai namanya, meteor-meteor akan memancar dari titik radian di arah rasi bintang Orion. Hujan meteor ini akan mencapai puncaknya pada tanggal 21 Oktober 2021.

Walaupun rasi bintang Orion sudah terbit jam 22.30 malam ini, hujan meteor Orionid paling baik diamati pada dini hari sampai menjelang Matahari terbit. Pada waktu-waktu itu, rasi bintang Orion yang menjadi arah kemunculannya akan berada di atas cakrawala, sehingga meteor-meteor akan muncul cukup banyak.

Kamu tidak perlu menggunakan teleskop untuk melihatnya. Meteor-meteor akan bergerak dengan kecepatan sekitar 66 kilometer per detik, sehingga yang dibutuhkan adalah pandangan ke arah langit yang luas.

Jika kamu melakukan pengamatan di area yang minim polusi cahaya dan cuaca cerah, kamu bisa melihat hujan meteor Orionid dengan intensitas sekitar 15 meteor per jam. Namun, karena malam ini ada Bulan, diperkirakan intensitasnya bisa menurun menjadi hanya 5 meteor per jam.

Selamat mengamati ya!