Kalau Galaksi Lain itu Ada, Kenapa Tak Terlihat di Langit?

Info Astronomy - Katanya, alam semesta itu dihuni oleh banyak galaksi. Kita tahu, ukuran galaksi-galaksi ini begitu besar. Namun, kenapa kita tidak melihat adanya galaksi di langit malam?

Kita bisa. Dengan mata telanjang tanpa alat bantu pengamatan pun, kita bisa melihat adanya galaksi-galaksi yang dimaksud. Memang, tidak semua galaksi bisa diamati. Alam semesta memang dihuni oleh banyak galaksi, tapi jangan lupa, alam semesta itu juga luas. Lebih luas dari isi kepalamu.

Galaksi terdekat dengan Bumi kita adalah galaksi kerdil Awan Magellan Besar, jaraknya diperkirakan "hanya" 163.000 tahun cahaya. Sementara untuk galaksi yang lebih besar, yang terdekat dari Bumi adalah galaksi Andromeda, jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya. 1 tahun cahaya setara dengan jarak 9,4 triliun kilometer, atau tepatnya 9.467.280.000.000 kilometer. Terbayang betapa jauhnya galaksi terdekat?

Yap, galaksi memang besar. Namun, jika galaksi terdekat saja berada pada jarak yang sangat jauh dari Bumi, kenampakannya akan tetap saja kecil dan redup. Ditambah lagi keberadaan polusi cahaya saat kamu mencoba mengamati galaksi dari daerah dekat perkotaan, galaksi-galaksi lain semakin tidak teramati.

Baca Juga: Kisah Penemuan Galaksi Lain Selain Bimasakti

Di artikel ini, kami akan jabarkan setidaknya ada 4 galaksi yang bisa diamati dengan mata telanjang, tapi dengan catatan lokasi pengamatan kamu bebas dari kebocoran polusi cahaya dan galaksi tersebut sedang muncul di langit (ingat, mereka juga terbit dan terbenam seperti bintang-bintang).

Awan Magellan Besar

Awan Magellan Besar atau AMB sebenarnya merupakan galaksi satelit Bimasakti, yang artinya galaksi kerdil ini mengitari pusat galaksi Bimasakti kita. Dari Bumi, AMB bisa diamati dengan mudah di langit arah selatan.

AMB terletak sekitar 22 derajat dari Kutub Selatan, kira-kira di perbatasan antara rasi bintang Dorado dan Mensa. Diameter sudutnya di langit memiliki lebar sekitar 9 hingga 11 derajat, dan bersinar dengan magnitudo visual 0,9 (artinya cukup terang untuk bisa diamati tanpa bantuan alat pengamatan).

Di langit Indonesia, AMB bisa diamati mulai dari bulan Desember hingga April setiap tahunnya. Patokannya adalah rasi bintang Orion. Ketika Orion mencapai titik tertinggi di langit, begitu pula AMB.

Seperti apa kenampakannya? Inilah AMB yang diabadikan di langit Bali, Indonesia oleh astrofotografer Sandi Astina Putra:

Awan Magellan Kecil

AMB tidak sendiri, ada pula Awan Magellan Kecil (AMK) yang, tentu saja, berukuran lebih kecil daripada AMB. Namun, sama seperti AMB, AMK merupakan galaksi satelit yang mengitari galaksi Bimasakti kita.