Adakah Bintang yang Akan Meledak Dalam Waktu Dekat?

Info Astronomy - Beberapa hari terakhir ini, Betelgeuse sedang ramai dibicarakan. Sang bintang raksasa merah tersebut diketahui meredup dan digadang-gadang bisa meledak dalam supernova. Namun, sebenarnya apakah ada bintang yang akan meledak dalam waktu dekat? Apakah kita bisa memprediksinya?

Ledakan bintang atau supernova dapat dianggap sebagai peristiwa kosmis yang mengingatkan kita bahwa kita hidup di alam semesta yang sangat ekstrem. Bintang-bintang yang kita lihat tiap malam itu bisa meledak dan menghancurkan salah satu sudut galaksi.

Rata-rata, menurut UniverseToday.com, supernova dapat meledak dua kali dalam satu abad di galaksi seukuran Bimasakti. Dan karena jumlah galaksi diperkirakan ada ratusan miliar di alam semesta, bisa jadi lusinan supernova meledak setiap detiknya, hanya saja kita tidak selalu bisa mendeteksi cahayanya.

Baca Juga: Mengapa Bintang Meledak?

Supernova terang terakhir yang sempat terdeteksi adalah SN 1987A, yang meledak di galaksi kerdil satelit Bimasakti, Awan Magellan Besar, yang jaraknya sekitar 168.000 tahun cahaya. Meskipun jauh, ledakan bintang yang teramati pada tahun 1987 itu mampu mengeluarkan energi yang sangat besar sehingga dapat dilihat oleh mata yang tanpa bantuan. Yap, supernova bisa seterang itu bahkan untuk yang tidak berada di galaksi kita.

Supernova terakhir yang terjadi di galaksi Bimasakti sendiri adalah G1.9+0.3, yang pada tahun 2014 silam dikonfirmasi oleh Observatoritum Sinar-X Chandra. Supernova ini diperkirakan meledak 100 tahun yang lalu. Sayangnya, ia terletak di daerah berdebu di Bimasakti, sehingga tidak teramati dari pandangan kita di Bumi.

Supernova terang terakhir di galaksi Bimasakti sempat tercatat pada tahun 1604 oleh astronom Johannes Kepler. Menurut catatan sejarahnya, ini merupakan supernova yang bisa diamati dengan mata telanjang, yang pada puncaknya sempat tampak lebih terang daripada bintang apapun di langit malam selama beberapa pekan. Bahkan, konon katanya bisa terlihat pada siang hari.

Sekarang pertanyaannya, bintang mana yang akan meledak selanjutnya? Bisakah kita tahu?