Seberapa Cepat Proses Ledakan Supernova Terjadi?

Info Astronomy - Ketika sebuah bintang masif mencapai akhir kehidupannya, ia dapat meledak sebagai supernova. Namun, tahukah kamu seberapa cepat proses supernova tersebut dapat terjadi?

Perlu diketahui dulu nih, supernova tidak terjadi pada semua bintang di alam semesta. Menurut ScienceBlogs, bintang-bintang yang memiliki massa 8 kali massa Matahari lah yang bisa mengakhiri hidupnya dalam ledakan supernova. Dengan kata lain, bintang-bintang bermassa rendah seperti Matahari tidak akan meledak.

Matahari kita akan mati dengan proses yang berbeda. Sekitar 5 miliar tahun dari sekarang, ia akan mengembang menjadi bintang raksasa merah. Lalu ketika kehabisan bahan bakar untuk berfusi nuklir, Matahari akan melontarkan lapisan terluarnya ke segala arah, membentuk nebula planeter dan meninggalkan intinya sebagai kerdil putih.

Sekarang, mari kita mulai bahas bintang-bintang yang lebih besar dari Matahari itu. Sebenarnya, ada beberapa jenis supernova di alam semesta, yang juga memiliki mekanisme dan durasi yang berbeda. Namun, dalam artikel ini kita akan fokus membahas supernova yang terjadi karena runtuhnya inti bintang, jenis paling umum di alam semesta.

Baca Juga: Mengapa Bintang Bisa Meledak?

Dikutip dari UniverseToday, bintang-bintang dengan massa antara 8 hingga 50 kali massa Matahari akan menghabiskan bahan bakar hidrogen dalam inti mereka dengan cepat, yakni hanya dalam beberapa juta tahun (iya, ini waktu yang singkat jika dibandingkan dengan bintang bermassa Matahari yang butuh 10 miliar tahunan).

Bintang-bintang masif tersebut mengubah atom hidrogen menjadi helium melalui proses fusi di intinya, yang pada gilirannya melepaskan sejumlah besar energi yang menciptakan dorongan keluar untuk melawan tarikan ke dalam dari gravitasinya sendiri.

Begitu bintang masif itu kehabisan hidrogen di intinya, proses fusi akan beralih ke helium. Ketika helium habis, akan beralih ke karbon, lalu neon, lalu seluruh unsur dalam tabel unsur periodik hingga akhirnya menyisakan unsur besi di inti bintangnya. Nah, di sinilah masalah terjadi. Besi tidak dapat menghasilkan energi melalui proses fusi, sehingga tidak ada lagi energi yang menahan gravitasi bintang agar tidak runtuh ke dalam.

Dan BOOM! Supernova meledak.