Bintang-bintang yang Kita Lihat di Langit Malam Sudah Mati, Benarkah?

Saat melihat bintang, kita sedang melihat ke masa lalu. Banyak bintang yang kita lihat di malam hari telah mati. Benarkah seperti itu? Atau "fakta" tersebut adalah keliru?
Info Astronomy - Ketika kita keluar pada malam hari dan menatap ke langit yang penuh bintang, gemerlap mereka tampak abadi dan tidak berubah. Namun, faktanya bukan bintang-bintang tersebut yang abadi, melainkan karena kita lah yang hidup dalam skala waktu yang jauh lebih pendek daripada bintang-bintang.

Bintang-bintang sangat mirip dengan kita. Mereka dilahirkan, mereka hidup, dan mereka mati. Beberapa mati dengan cara meredup setelah mengembang menjadi besar, beberapa lainnya meledak dalam supernova. Pada akhirnya, seperti kita, bintang-bintang fana.

Ada yang menarik dari fananya bintang-bintang ini. Pernahkah kamu mendengar "fakta" berikut: Saat melihat bintang, kita sedang melihat ke masa lalu. Banyak bintang yang kita lihat di malam hari telah mati.

Baca Juga: Betelgeuse Meredup, Tanda Akan Meledak?

Memang, pernyataan tersebut terdengar masuk akal. Bintang-bintang berjarak sangat jauh dari Bumi, cahayanya butuh jutaan tahun untuk bisa kita amati, bisa jadi sekarang ini mereka sudah mati. Lalu, apakah "fakta" tersebut benar?

Pernyataan pertama sebenarnya benar; ketika kita melihat ke bintang-bintang, kita sedang melihat cahaya yang mereka pancarkan pada masa lalu. Cahaya memang bergerak dengan cepat — sejauh yang kita tahu, bahkan cahaya adalah yang tercepat di alam semesta — tetapi ia tidak terlalu cepat.

Bergerak pada kecepatan sekitar 300.000 kilometer per detik, cahaya dari Matahari saja butuh delapan menit untuk tiba di Bumi. Dengan kata lain, cahaya Matahari yang kita rasakan dan lihat saat ni adalah cahaya Matahari delapan menit yang lalu. Lalu, bintang terdekat dari Matahari, sistem bintang tiga Alfa Centauri, cahaya darinya membutuhkan lebih dari empat tahun untuk sampai ke sini.

Ada sekitar 6.000 bintang yang terlihat dengan mata telanjang di langit malam yang cerah dan bebas polusi cahaya, dan sebagian besar dari mereka berada dalam jarak sekitar 1.000 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Banyak bintang-bintang yang lebih jauh dari jarak itu terlalu redup untuk diamati dari Bumi kita pada malam hari.