3 Kiat Biar Pengamatan Gerhana Matahari 26 Desember 2019 Lancar

Info Astronomy - 26 Desember 2019 sebentar lagi, yang mana di tanggal itu akan terjadi peristiwa gerhana Matahari cincin di beberapa wilayah Indonesia dan gerhana Matahari parsial di seluruh wilayah Indonesia yang tidak dilintasi jalur gerhana cincin.

Sebelum mengamati gerhana, kamu perlu mempersiapkan diri, minimal memiliki kacamata gerhana berfilter khusus. Tanpa kacamata gerhana, mata kamu bisa mengalami apa yang dikenal sebagai retinopati fotik, kondisi ketika silau Matahari merusak sel-sel pada retina mata sehingga menyebabkan kebutaan sementara hingga permanen.

Kalau kacamata gerhana sudah siap, kamu bisa ikuti nih 3 kiat biar pengamatan gerhana Matahari 26 Desember 2019 nanti menjadi lebih lancar. Siap untuk ngamat gerhana?

Baca Juga: Bahayanya Melihat Gerhana Matahari dengan Mata Telanjang

Pertama, Cari Tau Jam Berapa Gerhananya

Ini jelas sangat penting. Gerhana tidak terjadi seharian pada 26 Desember 2019, melainkan memiliki waktu-waktu tertentu yang mana tiap daerah di Indonesia berbeda-beda. Kamu bisa baca di sini untuk mengetahui jam-jamnya atau cari tahu sendiri untuk daerahmu di artikel ini.

Gerhana Matahari akan terjadi dalam tiga tahap. Pertama, tahap ketika Bulan melakukan kontak pertama dengan Matahari, atau momen gerhana dimulai. Kedua, tahap puncak gerhana, ketika sebagian besar wajah Bulan sudah menutupi Matahari dalam pandangan dari Bumi. Dan ketiga, tahap gerhana berakhir, kontak terakhir Bulan dengan Matahari.

Mengetahui jam berapa ketiga tahapan tersebut terjadi adalah hal mendasar sebelum kamu mengamati gerhana. Tanpa tahu jamnya, kamu niscaya akan terlewat fenomena ini.

Kedua, Cari Teman Ngamat Bareng

Biar pengamatan lebih seru, usahakan jangan pengamatan sendirian saja. Kamu bisa ajak temanmu atau bisa cari tahu apakah di daerahmu ada komunitas astronomi yang melakukan pengamatan bareng atau tidak.

Kelebihan lain jika kamu ikut pengamatan bareng komunitas astronomi adalah, mereka biasanya menyediakan kacamata gerhana gratis atau bahkan teleskop khusus untuk pengamatan gerhana. Momen pengamatan kamu jelas akan jadi lebih seru, kan?

Ketiga, Cari Lokasi Ideal

Walaupun posisi Matahari sudah cukup tinggi di langit saat gerhana terjadi, kamu sebaiknya cari lokasi ideal buat pengamatan deh. Misalnya di lokasi-lokasi yang diadakan komunitas astronomi, pengamatan di pantai, di rooftop gedung, atau bisa juga di puncak gunung.

Baca Juga: Di mana Gerhana Matahari Cincin 26 Desember Bisa Diamati?

Lebih baik lagi, kamu bisa berkunjung ke daerah-daerah di mana kebagian gerhana Matahari cincin biar tidak cuma mengamati gerhana Matahari parsial. Daerah-daerah tersebut adalah Sibolga, Padang Sidempuan, Siak, Singkawang, Entikong, dan Tanjung Selor.

Tapi kalau tidak bisa main ke lokasi gerhana Matahari cincin, mengamati dari daerahmu sendiri sudah cukup kok. Pastikan medan pandang luas dan cuaca cerah saat pengamatan biar Matahari dan Bulan yang ditunggu-tunggu teramati di langit.

Nah, itulah 3 kiat biar pengamatan gerhana Matahari 26 Desember 2019 lancar. Selamat berburu gerhana!
BERIKAN KOMENTAR ()