Seberapa Sering Supernova Terjadi di Alam Semesta?

Supernova merupakan peristiwa ledakan bintang yang dahsyat, terjadi ketika bintang masif kehabisan bahan bakarnya. Tahukah kamu seberapa sering supernova terjadi?
Info Astronomy - Pernahkah kamu ketika sedang menatap langit malam yang cerah, tiba-tiba muncul sebuah bintang yang sangat terang menyilaukan yang bertengger diam di suatu sudut langit? Dengan heran kamu mulai menyadari bahwa bintang tersebut tadinya tidak ada di sana.

Bila pernah, bintang terang yang kamu lihat itu sebenarnya bukan bintang, sudah bukan bintang lagi secara harfiah. Itu bisa jadi merupakan sebuah supernova, ledakan bintang yang terjadi ketika sebuah bintang yang bermassa 8 sampai 50 kali massa Matahari mencapai akhir hidupnya.

Supernova dalam sekejap bisa sangat menyilaukan, bahkan bisa jauh lebih terang daripada seluruh cahaya bintang se-galaksi yang digabungkan dan memancarkan lebih banyak energi daripada yang diproduksi Matahari kita sepanjang hidupnya.

Baca Juga: Mengenal Supernova dan Mengapa Bintang Meledak

Sepanjang sejarah peradaban umat manusia, menurut Ensiklopedia Britanica banyak supernova yang pernah diamati dan tercatat dalam peninggalan-peninggalan kuno, jauh sebelum teleskop ditemukan. Supernova tertua yang tercatat adalah RCW 86, yang dilihat para astronom Tiongkok pada tahun 185 M. Catatan mereka menunjukkan bahwa supernova tersebut terlihat di langit selama delapan bulan berturut-turut.

Supernova lain yang diamati sebelum teleskop ditemukan terjadi pada tahun 393, 1006, 1181, 1572 (dipelajari oleh astronom terkenal Tycho Brahe) dan 1604. Brahe menulis tentang pengamatannya tentang "bintang baru" dalam bukunya, "De nova stella". Ialah yang mempelopori nama "nova" pada kata supernova.

Namun, nova saat ini diklasifikasikan berbeda dari supernova. Keduanya memang merupakan ledakan bintang, tetapi sementara nova adalah ledakan bintang pada sistem biner ketika salah satu bintangnya mengonsumsi material bintang pendampingnya, supernova adalah ledakan bintang tunggal.