Seberapa Besar Bulan?

Info Astronomy - Bulan adalah objek paling terang di langit malam planet kita. Namun, seberapa besar sih Bulan itu sebenarnya?

Besar atau kecil sebenarnya relatif. Jika dibandingkan dengan ukuran Bumi, diameter Bulan hanya kurang lebih seperempat (27 persen) dari diameter Bumi. Sementara jika dibandingkan dengan bulan-bulan yang mengitari planet-planet lain di tata surya, Bulan milik Bumi adalah bulan terbesar kelima di tata surya.

Diameter Bulan sendiri adalah sekitar 3.475 km. Jika Bumi diibaratkan ukurannya sebesar sebutir buah anggur, maka Bulan ukurannya hanya sebesar biji lada saja.

Baca Juga: Apakah Bulan Berotasi?

Sementara itu, luas permukaan Bulan adalah sekitar 38 juta kilometer persegi. Sebagai perbandingan, luas permukaan benua Asia adalah 44,5 juta kilometer persegi. Itu artinya, luas permukaan Bulan rupanya masih lebih kecil dari Asia.

Massa, Kepadatan, dan Gravitasi

Wah, ternyata Bulan itu tidak besar-besar banget ya! Terus, bagaimana dengan massa, kepadatan, dan gravitasi Bulan? Apakah kecil juga?

Menurut Space.com, massa Bulan adalah sekitar 7,35 x 10^22 kg, atau sekitar 1,2 persen dari massa Bumi. Dengan kata lain, Bumi 81 kali lebih berat daripada Bulan. Lalu, kepadatan Bulan adalah adalah 3,34 g/cm^3, atau sekitar 60 persen dari kepadatan Bumi. Dibandingkan dengan bulan-bulan lain di tata surya, Bulan milik Bumi ini adalah bulan terpadat kedua di tata surya setelah bulan milik Jupiter, Io, dengan kepadatan 3,53 g/cm^3.

Nah, sementara itu, gravitasi Bulan diketahui hanya sekitar 16,6 persen dari gravitasi Bumi. Dengan begitu, ketika berada di Bulan, bobot tubuh kita akan terasa lebih ringan. Jadi, yang biasanya kita hanya bisa melompat setinggi 3 meter di Bumi, maka lompatan kita di Bulan bisa setinggi 18 meter.

Terbesar Kelima di Tata Surya

Seperti yang sudah disinggung di atas sebelumnya, Bulan kita bukanlah bulan terbesar di tata surya, ia adalah bulan terbesar kelima setelah Ganimede (milik Jupiter), Titan (milik Saturnus), Kalisto (milik Jupiter), dan Io (milik Jupiter).
Coba lihat perbandingan di atas deh. Bulan ternyata lebih besar daripada planet kerdil Pluto, tapi masih lebih kecil daripada planet Merkurius. Kalau saja Bulan mengitari Matahari (bukan mengitari Bumi) dan mampu mendominasi orbitnya dari benda langit lain, ia bisa saja dikategorikan sebagai planet oleh para astronom.