23 November: Melihat Dekatnya Kencan Venus dan Jupiter

Info Astronomy - Jomblo minggir dulu. Mulai senja hingga malam pada 23 November 2019 ini, planet Venus dan Jupiter akan berkencan. Mereka akan tampak berdekatan di langit satu sama lain.

Dalam astronomi, fenomena ini dikenal sebagai konjungsi. Bahasa sederhananya, konjungsi artinya searah. Jika ada dua atau lebih benda langit yang berada di titik konjungsi, itu artinya mereka berada di arah pengamatan yang sama dalam pandangan dari Bumi, walaupun pada kenyataanya mereka masih berjauhan di alam semesta.

Venus, planet paling terang di langit malam Bumi, akan berada sejauh sekitar 1,4 derajat di arah selatan dari Jupiter, planet kedua paling terang di langit malam. Jarak konjungsi sedekat itu setara dengan sekitar lebar jari telunjuk kamu ketika kamu merentangkan tangan.

Baca Juga: Mengapa Kita Bisa Melihat Planet di Langit Malam?

Keduanya akan sangat mudah ditemukan kok. Di mana pun kamu berada di Bumi, Venus dan Jupiter akan menjadi objek-objek pertama yang teramati di langit selepas Matahari terbenam. Kamu hanya perlu menghadap ke arah barat untuk mengamatinya. Nantinya, Venus dan Jupiter akan tampak seperti pada gambar di atas.

Bagaimana Kalau Mendung?

Semoga cerah ya. Tapi kalau senja nanti memang mendung, tenang saja, kamu masih bisa mengamati konjungsi ini di keesokan harinya, yakni pada 24 November 2019. Pada tanggal ini, keduanya masih berada sejauh 1 derajat satu sama lain seperti pada gambar di bawah ini:
Karena kenampakannya lebih terang, nantinya kamu mungkin akan melihat Venus lebih dulu, bahkan ketika langit masih biru. Venus akan muncul terang pertama kali sekitar 30 menit (atau kurang) setelah Matahari terbenam, dan kemudian Jupiter baru akan teramati sekitar 15 menit setelah Venus pertama kali muncul.

Keduanya cukup mudah dilihat dengan mata telanjang seperti dua bintang terang yang saling berdekatan satu sama lain. Ya, karena jarak keduanya sangat jauh dari Bumi, kamu perlu teleskop tuh untuk bisa melihat Venus dan Jupiter lebih jelas.

Ssttt.. fenomena ini sangat fotogenik, lho! Jadi jangan lupa abadikan dengan kamera kamu untuk diposting di Instagram atau media sosialmu yang lainnya ya, tag juga akun @infoastronomy di media sosial favorit kamu.