Seberapa Luas Alam Semesta dan Bagaimana Kita Tahu?

Info Astronomy - Jika kamu pernah memimpikan untuk bisa melakukan perjalanan waktu, hal itu rupanya cukup mudah, amati saja langit malam. Segala hal yang bisa kamu lihat di langit malam adalah hal-hal dari masa lalu, lho!

Eh, kok bisa? Itu karena bintang-bintang, planet-planet, dan galaksi-galaksi berjarak begitu jauh dari kita sehingga cahaya dari mereka membutuhkan waktu bahkan hingga jutaan tahun untuk mencapai Bumi. Sebagai contoh galaksi Andromeda, cahayanya butuh waktu 2,5 juta tahun untuk bisa sampai pada mata kita. Itu artinya, melihat Andromeda saat ini adalah melihat kondisinya 2,5 juta tahun yang lalu.

2,5 juta tahun tersebut juga merupakan jarak galaksi Andromeda dari Bumi, yakni tepatnya 2,5 tahun cahaya, dengan 1 tahun cahaya setara 9,4 triliun kilometer. Sekarang, kamu pasti setuju kalau dikatakan alam semesta merupakan ruang yang luas.

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik Galaksi Andromeda

Tapi, seberapa luas alam semesta itu?

"Jawabannya mungkin merupakan sesuatu yang sebenarnya tidak pernah kita ketahui dengan presisi," kata Sarah Gallagher, seorang astrofisikawan di Universitas West, Ontario, Kanada. Seberapa luas alam semesta adalah salah satu pertanyaan mendasar dalam astrofisika, yang mungkin paling sulit dijawab. Walau begitu, hal itu tidak menghentikan para astronom untuk terus mencari tahu.

Pada dasarnya, untuk mencari seberapa luas alam semesta, kita harus mengetahui dulu tuh jarak benda-benda langit yang ada di dalamnya.

Ingat hal ini: semakin dekat suatu benda langit dari Bumi di alam semesta, semakin mudah jaraknya untuk diukur. Katakanlah Matahari, jaraknya dari Bumi "hanya" 8 menit cahaya, atau sekitar 150 juta kilometer. Bulan? Ah, cuma 1,2 detik cahaya, atau sekitar 360.000 kilometer.

Namun, menghitung jarak benda langit yang paling jauh di galaksi kita merupakan hal yang lebih rumit. Itulah yang membuat para astronom pada akhirnya menemukan metode-metode pengukuran tidak langsung terhadap jarak-jarak benda langit yang jauh.

Misalnya ketika ingin mengetahui jarak bintang deh. Bintang-bintang dapat berubah warna seiring bertambahnya usia, dan berdasarkan warna itu, para astronom dapat memperkirakan berapa banyak energi dan kecerahan yang dihasilkan oleh bintang-bintang itu.