Mau Belajar Astronomi, Mulai dari Mana Dulu?

Info Astronomy - Astronomi itu bidang ilmu yang unik, beda dari yang lain. Kalau mau mempelajari tentang bintang, kita tidak perlu melakukan perjalanan jauh ke bintangnya, tetapi cukup dengan mengamatinya saja dari Bumi. Apakah kamu tertarik belajar astronomi?

Mungkin ada banyak orang yang pengin banget belajar astronomi, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana. Apakah harus langsung membeli teleskop, atau masuk kuliah jurusan astronomi. Ada banyak jalurnya memang, di artikel ini kami akan berbagi bagaimana kami memulai.

Pertama, mulailah mengamati langit malam. Memang ada begitu banyak teori di astronomi, namun teori-teori itu tidak akan ada gunanya tanpa melakukan pengamatan. Nah, lakukanlah pengamatan benda-benda langit di malam hari.

Tidak perlu langsung membeli teleskop, kamu bisa mulai dengan rajin-rajin memperhatikan fase Bulan yang berubah setiap harinya, lalu mulailah cari tahu kenapa fase Bulan bisa berubah. Dari hal sekecil itu, kamu sudah memulai petualanganmu dalam belajar astronomi.
Dengan mengamati fase Bulan, kamu bisa belajar banyak hal. Misalnya seperti bagaimana posisi Bulan yang berpindah dalam mengelilingi Bumi menyebabkan kenampakannya juga berubah-ubah setiap malam, hingga mengetahui kapan suatu fase Bulan terbit dan terbenam.

Selain mengamati Bulan, kamu juga bisa mengamati planet-planet kok. Dalam pandangan mata, planet-planet ini akan tampak bagai bintang terang yang tidak berkelap-kelip. Mereka akan sangat berbeda dengan bintang yang lebih redup. Planet-planet yang bisa diamati ada mulai dari Merkurius hingga Saturnus.

Baca Juga: Peristiwa Langit Oktober 2019

Kedua, ikuti komunitas atau cari teman dengan keingintahuan yang sejalan. Memang sih, hal yang satu ini akan sangat sulit dilakukan bagi beberapa orang, entah karena orang itu memiliki kepribadian yang introvert atau memang susah saja menemukan teman yang punya hobi sejenis di astronomi.

Untuk mengakalinya, kamu bisa kok ikut bergabung ke komunitas astronomi yang ada di daerahmu. Lakukan saja pencarian di mesin pencari seperti Google dengan kata kunci "klub astronomi [nama daerahmu]". Sekarang sudah banyak bermunculan tuh yang bisa kamu ikuti kegiatannya.

Dengan bergabung ke komunitas astronomi, kamu tidak hanya bisa ikut belajar astronomi dalam kegiatan mereka, tetapi juga bisa memiliki teman-teman baru yang bisa selalu diajak diskusi astronomi. Kalau lagi beruntung, mungkin bisa mendapatkan jodoh juga.

Ketiga, belajar secara daring (online). Sudah banyak situs web astronomi berbahasa Indonesia maupun bahasa Inggris di mana kamu bisa membaca artikel-artikel menarik tentang astronomi, yang pada akhirnya bisa bikin kamu belajar secara online.

Kalau lebih suka nonton video, sudah banyak juga saluran-saluran YouTube yang menarik untuk diikuti yang membahas tentang astronomi. Atau yang lebih sederhana lagi, kamu bisa ikuti akun-akun astronomi yang tersebar di jagad media sosial. Dari mereka, kamu bisa setiap hari mengetahui informasi astronomi terkini.

Masih merasa kurang juga? Tenang, dalam tujuh hari lagi dari artikel ini diterbitkan, InfoAstronomy.org akan meluncurkan BelajarAstro, sebuah media belajar astronomi secara online yang akan membuat kamu bisa mendapatkan informasi pengamatan langit, mendapatkan teman-teman baru, dan tentunya mendapatkan materi astronomi sekaligus.

BelajarAstro akan diluncurkan pada 18 Oktober 2019. Tunggu informasi selengkapnya ya!

Ikuti InfoAstronomy.org di Twitter, Instagram, dan Facebook biar tahu lebih dulu.
BERIKAN KOMENTAR ()