Apakah Rasi Bintang Terlihat Sama di Planet Lain?

Apakah rasi bintang terlihat berbeda bila kita mengamatinya di planet lain selain Bumi?

Info Astronomy - Zaman dahulu kala, nenek moyang kita, ketika sedang mengamati langit malam, sempat merangkai pola-pola rasi bintang untuk berbagai tujuan, baik itu yang menyangkut keagamaan, untuk penanda musim, hingga navigasi di tengah lautan.

Namun, sebelum lanjut, tahukah kamu apa itu rasi bintang?

Secara sederhana, rasi bintang hanya merupakan pola yang dibentuk dari bintang-bintang terang di langit malam. Pola-pola ini bisa berbentuk objek mati, makhluk mitologis, hingga binatang. Karena dibuat oleh manusia, setiap bintang dalam suatu rasi bintang tidak saling berhubungan. Pada kenyataannya, bintang-bintang pada sebuah rasi bintang berada pada jarak yang berjauhan satu sama lain.

Penyusunan rasi bintang tidak memperhitungkan jarak. Beberapa bintang di rasi bintang mungkin dekat, sementara yang lain tidak. Sebagai contoh, mari lihat bintang di rasi bintang Orion berikut ini:

Jarak bintang di rasi Orion. Kredit: NASA

Berdasarkan infografik di atas, meskipun berada dalam satu rasi bintang yang sama, jarak bintang-bintang dalam rasi bintang Orion berbeda-beda dari Bumi. Bellatrix, misalnya, berjarak paling dekat yakni 250 tahun cahaya dari Bumi. Di sisi lain, tiga bintang di Sabuk Orion, yakni Alnilam, Alnitak, dan Mintaka, berjarak sekitar 1.300 tahun cahaya dari Bumi.

Nah, pertanyaannya sekarang, apakah rasi bintang terlihat berbeda bila kita mengamatinya di planet lain selain Bumi karena jarak bintang-bintang yang berbeda walaupun berada dalam satu rasi bintang ini?

Jawabannya, iya. Pola rasi bintang bisa berubah jika kita berada di planet lain selain Bumi.

Namun, perubahan itu baru terjadi kamu bisa melakukan perjalanan cukup jauh dari Bumi menuju planet yang puluhan tahun cahaya jauhnya. Karena jika kamu hanya pindah planet yang masih berada di tata surya kita, pola rasi bintang yang kita lihat di planet lain, di Mars atau Jupiter misalnya, akan tetap sama saja dengan di Bumi.

Perbedaan terbesar yang mungkin akan kita perhatikan adalah orientasi rasi bintangnya di langit, tergantung kemiringan planetnya dan lokasi pengamatan kita di planet tersebut. Sebagai contoh, Polaris (bintang paling terang di rasi bintang Ursa Minor) adalah Bintang Utara jika dilihat dari Bumi karena ia tepat berada di atas lingkar Arktik, tetapi di planet lain ia bukanlah Bintang Utara.

Seperti ini kira-kira perbedaannya:

Untuk bisa melihat pola rasi bintang selain yang dibuat oleh manusia Bumi, kita tampaknya harus pergi ke sistem keplanetan lain. Misalnya ke sistem keplanetan Proxima Centauri. Bisa jadi, jika ada kehidupan di sana, Matahari kita menjadi salah satu pola rasi bintang yang dibuat oleh kehidupan asing.

• Bell, K. (2020). Would the constellations we see from Earth look any different from other planets in our solar system?. Askanastronomer.org.
  • Briggs, A. (2020). What’s a constellation? What’s an asterism?. EarthSky.org
  • Hellman, R. (2018). Do constellations look the same from the other planets in the solar system?. Astronomy.com.