Apakah Rasi Bintang Terlihat Sama di Planet Lain?

Info Astronomy - Ketika kita melihat langit malam, kita akan melihat proyeksi dua dimensi dari ruang tiga dimensi: rasi bintang.

Pada kenyataannya, bintang-bintang pada sebuah rasi bintang berada pada jarak yang berjauhan satu sama lain. Rasi bintang hanyalah pola-pola khusus yang dibuat di langit yang merangkai bintang-bintang yang tampak dekat dalam pandangan dari Bumi saja.

Penyusunan rasi bintang tidak memperhitungkan jarak. Beberapa bintang di rasi bintang mungkin dekat, sementara yang lain tidak. Sebagai contoh, mari lihat bintang di rasi bintang Kanis Mayor. Sirius (bintang paling terang di Kanis Mayor) berjarak 8,6 tahun cahaya dari Bumi, tetapi Aludra (bintang paling terang kedua di rasi yang sama) berjarak sekitar 2.000 tahun cahaya.

Dengan kata lain, meskipun kedua bintang tersebut berada di rasi bintang yang sama dan muncul saling berdekatan di langit dalam pandangan dari Bumi, pada kenyataannya mereka terpisah ribuan tahun cahaya.

Baca Juga: Inilah Fungsi dari Rasi Bintang di Langit

Nah, pertanyaannya sekarang, apakah rasi bintang terlihat berbeda bila kita mengamatinya di planet lain selain Bumi?

Menurut Astronomy.com, kalau kamu bisa melakukan perjalanan cukup jauh dari Bumi menuju planet yang puluhan tahun cahaya jauhnya, pola rasi bintang yang diamati di langit malamnya pasti akan sangat berbeda.

Tetapi, rupanya hal itu tidak berlaku di tata surya kita. Masih menurut sumber yang sama, karena bintang-bintang sangat jauh dibandingkan dengan ukuran tata surya kita, pola rasi bintang yang kita lihat di planet lain yang mengelilingi Matahari kurang lebih akan sama.

Itu artinya, dari planet mana pun selama masih berada di tata surya kita, rasi bintang yang sama yang kita lihat di Bumi juga akan terlihat dan dikenali. Perbedaan terbesar yang mungkin akan kita perhatikan adalah orientasinya di langit (apakah tinggi atau rendah dibandingkan dengan cakrawala dan zenith), yang tergantung pada orientasi kutub planet, serta lokasi kita di planet tersebut.

Sebagai contoh, Polaris (bintang paling terang di rasi bintang Ursa Minor) adalah Bintang Utara jika dilihat dari Bumi karena ia tepat berada di atas lingkar Arktik, tetapi di planet lain ia bukanlah Bintang Utara.
BERIKAN KOMENTAR ()