NGC 7331: Galaksi Kembaran Bimasakti

Galaksi NGC 7331. Kredit: ESO/ESA/NASA/Hubble
Info Astronomy - Inilah wujud NGC 7331, sebuah galaksi spiral yang ditemukan oleh astronom William Herschel pada tahun 1784. Terletak pada jarak sekitar 45 juta tahun cahaya di rasi bintang Pegasus, galaksi ini dianggap mirip dengan galaksi Bimasakti kita.

Para astronom mengambil gambar di atas dengan menggunakan instrumen Wide Area Camera 3 (WFC3) pada Teleskop Antariksa Hubble. Gambar ini sendiri sebenarnya tidak fokus pada galaksi itu sendiri, melainkan untuk mengamati sebuah ledakan supernova SN2014C yang dapat dilihat sebagai titik merah kecil di dekat inti kuning pusat galaksi ini.

Menurut penelitian yang telah dilakukan para astronom, galaksi NGC 7331 memiliki beberapa kemiripan dengan Bimasakti, yakni dalam hal ukuran, bentuk, dan massanya. Galaksi ini juga memiliki tingkat pembentukan bintang yang sebanding dengan Bimasakti, memiliki jumlah bintang yang hampir setara, serta juga memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya dan lengan spiral yang mengitarinya.

Perbedaan utama antara galaksi kita dengan galaksi NGC 7331 adalah, galaksi spiral ini tidak memiliki fitur batang atau bar yang melintang di area jantung galaksinya. Tonjolan utama galaksi ini juga menampilkan pola rotasi yang unik dan tidak biasa, yakni berputar ke arah yang berlawanan dengan arah putaran cakram galaksi itu sendiri.

Dengan mempelajari galaksi yang mirip Bimasakti seperti ini, kita seperti sedang memandangi cermin untuk meneliti galaksi kita sendiri, memungkinkan kita untuk membangun pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan galaksi, perilaku, dan evolusi galaksi kita secara keseluruhan.

Galaksi NGC 7331 diamati lewat teleskop. Kredit: Yanick B
Galaksi NGC 7331 juga merupakan salah satu galaksi yang bisa diamati dengan teleskop. Untuk menemukan NGC 7331, tarik garis dari bintang Mu Pegasi ke Eta Pegasi, lalu tarik lurus sejauh 4,5° ke atas kiri.

Dengan magnitudo visual +10,4, NGC 7331 cukup sulit diamati di langit sudah yang tercemar polusi cahaya. Sementara bagi pengamat yang berada di bawah kondisi langit yang cukup gelap, bisa melihat galaksi ini walau hanya dengan binokuler 7×50.
BERIKAN KOMENTAR ()