Juno Rilis Foto-foto Terbaru Planet Jupiter yang Menakjubkan

Foto terbaru Jupiter yang dipotret pada 5 September 2017. Kredit: NASA/JPL/SwRI/MSSS/Gerald Eichstädt/Maquet-80
Info Astronomy - Beberapa hari yang lalu, wahana antariksa Juno kembali mengirimkan gambar-gambar terbaru dari terbang lintas dekat ke-8 terhadap planet raksasa gas Jupiter. Memberikan pemandangan menakjubkan dari Jupiter yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Wahana antariksa Juno sendiri diluncurkan pada tahun 2011 dan memasuki orbit Jupiter pada bulan Juli tahun lalu. Wahana antariksa ini memiliki misi untuk mempelajari medan magnet, gravitasi, dan magnetosfer kutub planet terbesar se-tata surya kita tersebut.

Setiap 53 hari, Juno melakukan terbang lintas dekat Jupiter, atau yang disebut sebagai "perijove", untuk mengumpulkan data dan mengambil gambar menggunakan instrumen JunoCam-nya. Gambar terbaru dari Perijove 8 telah dirilis ke publik pada tanggal 5 September 2017 kemarin.

Gambar-gambar terbaru dari Perijove 8 ini mengungkapkan banyaknya awan dan badai yang berputar-putar di seluruh planet Jupiter. Ada juga potret jarak dekat kutub selatan Jupiter yang ditutupi oleh angin topan raksasa. Bahkan, Juno juga sempat memotret bayangan salah satu satelit alami milik Jupiter yang bergerak melintasi permukaannya.

Berikut adalah beberapa gambar favorit kami dari misi Juno sejauh ini:

Kutub selatan Jupiter. Kredit: NASA/JPL/SwRI/MSSS/Gerald Eichstädt/David Marriott
Lansekap Jupiter. Kredi: NASA/JPL/SwRI/MSSS/Gerald Eichstädt/Maquet-80
Bintik merah besar Jupiter. Kredit: NASA/JPL/SwRI/MSSS/Gerald Eichstädt/Sander Clement