Sahur Bersama Venus

Planet Venus di langit pagi. Kredit: Sandi Astina Putra/Instagram @sandipapifarell
Info Astronomy - Sering melihat objek mirip bintang namun cahayanya sangat terang dan tidak berkelap-kelip di langit timur saat Subuh? Itu adalah planet Venus, planet kedua dari Matahari. Sepanjang Ramadan, kita akan ditemani Venus saat waktu sahur.

Planet Venus sendiri sangat mudah ditemukan, ia merupakan objek langit paling terang ketiga setelah Matahari dan Bulan. Venus dapat bersinar terang karena ia memantulkan cahaya dari Matahari, sama kasusnya seperti asal-muasal cahaya Bulan.

Seperti yang telah diketahui, Venus mengorbit lebih dekat ke Matahari daripada Bumi, hal ini menjelaskan mengapa kita bisa menemukan Venus di langit dengan cukup mudah. Karena Venus merupakan planet dalam (planet yang lebih dekat dengan Matahari), hal tersebut membuat ia hanya akan muncul di langit di barat saat senja ataupun baru terbit saat dini hari di langit timur.

Ramadan tahun ini kebetulan bertepatan dengan Venus yang berada di langit timur saat dini hari, berbeda dengan Ramadan tahun lalu di mana Venus menemani waktu berbuka puasa. Untuk itu, setelah santap sahur, bergegaslah tengok langit timur. Anda akan menemukan Venus yang sangat terang.

Venus di sahur pertama Ramadan tahun ini. Kredit: Stellarium/InfoAstronomy.org
Dalam pandangan mata telanjang, Venus hanya akan tampak bagaikan bintik terang saja. Walaupun diameter planet Venus diketahui sekitar 12.104 kilometer, namun jaraknya dari Bumi adalah rata-rata sekitar 180-an juta kilometer. Hal itu membuat Venus hanya muncul seperti bintang saja.

Begitu Anda tahu bagaimana menemukan Venus di langit, selanjutnya Anda membutuhkan sebuah teleskop untuk melihat Venus lebih jelas. Penggunaan teleskop sangat disarankan bila Anda ingin melihat Venus yang berbeda dengan pandangan mata telanjang.

Untuk lebih mudah menemukan Venus, Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi peta langit yang bisa diunduh di sini. Tak hanya Venus saja yang bisa diamati, planet-planet lain seperti Merkurius, Mars, Jupiter, dan Saturnus pun bisa kita amati dengan mata telanjang.

Yang jelas, kenampakan Venus pada waktu sahur ini bisa dilihat di seluruh Indonesia selama cuaca cerah dan Anda tidak tidur selepas sahur. Planet Venus juga akan selalu berada di langit timur saat dini hari hingga Idulfitri tiba, bahkan hingga beberapa bulan ke depan.

Jadi, selamat berburu Venus dan menyambut bulan suci Ramadan!