Canopus, Bintang Paling Terang Kedua di Langit Malam

Apa bintang paling terang di langit malam? Jawabannya adalah Sirius. Lalu apa bintang paling terang kedua? Ialah Canopus, salah satu bintang yang terletak di rasi bintang Karina. Mari mengenal bintang ini lebih jauh.
Info Astronomy - Apa bintang paling terang di langit malam? Jawabannya adalah Sirius. Lalu apa bintang paling terang kedua? Ialah Canopus, salah satu bintang yang terletak di rasi bintang Karina. Mari mengenalnya lebih jauh~

Di langit malam Bumi, bintang Canopus hanya lebih redup daripada Sirius. Bintang ini termasuk dalam jenis bintang super raksasa putih kekuning-kuningan yang terang. Magnitudo visualnya di langit mencapai -0,72.

Canopus terletak pada jarak 310 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Dari Indonesia, kita tidak akan kesulitan menemukan Canopus karena posisi bintang ini di langit berada tidak jauh dari Sirius, yakni pada deklinasi -52°41"45', sehingga keduanya bisa diamati secara bersamaan di sekitar ekuator langit. Berbeda dengan para pengamat di belahan Bumi utara, posisi Canopus tidak terlau tinggi di langit, melainkan agak ke selatan.

Nama Canopus sendiri berasal dari bahasa Yunani, Κάνωβος (Kanôbos), yang pertama kali tercatat di Almagest karya Plotemy (150 AD). Bintang ini termasuk dalam klasifikasi bintang F0 II atau F0 Ib. Yang artinya, bintang Canopus adalah bintang super raksasa yang kurang bercahaya. Ia kini juga sedang berada dalam masa pengembangan atau evolusi menjadi bintang raksasa merah.

Bintang ini sendiri berukuran cukup besar, dengan diameter kira-kira 71,4 kali dari diameter Matahari. Bila Canopus menggantikan Matahari untuk ditempatkan di tengah tata surya kita, permukaan terluar bintang ini akan mencapai sekitar 90 persen jarak dari Matahari ke Merkurius.

Walau begitu, massa Canopus tidak terlalu besar, sehingga ia nantinya akan mengakhiri hidupnya dengan mengeluarkan lapisan terluarnya untuk membentuk nebula planeter, meninggalkan sebuah inti kecilnya yang akan disebut sebagai kerdil putih. Sama seperti Matahari, Canopus tidak cukup besar untuk meledak sebagai supernova.

Bintang Canopus juga lebih panas dari Matahari, suhu permukaannya diperkirakan mencapai 7.350 Kelvin. Dengan luminositas 15.100 kali luminositas Matahari, Canopus adalah bintang paling terang dari seluruh bintang yang berada pada rentang jarak 700 tahun cahaya dari sistem tata surya kita.

Luminositas Canopus sebenarnya jauh lebih terang daripada luminositas Sirius. Namun, jarak Sirius jauh lebih dekat dengan Bumi kita (8,6 tahun cahaya), sehingga ia muncul dua kali lebih terang daripada Canopus.

Nah, itulah dia serba-serbi mengenai Canopus. Bila kamu ingin mengamati bintang ini, kamu bisa memanfaatkan aplikasi peta langit, kami merekomendasikan 5 aplikasi peta langit yang wajib kamu coba di tautan ini.

Referensi: EarthSky, Astronomy Trek.