5 Aplikasi Peta Langit yang Wajib Dicoba

Kredit & Hak Cipta: InfoAstronomy.org
Info Astronomy - Suka mengamati langit malam dan penasaran dengan nama bintang atau ingin tahu benda apa yang sedang diamati? Anda bisa menggunakan aplikasi peta langit yang tersedia di toko aplikasi. Di sini, kami merekomendasikan 5 aplikasi peta langit yang wajib dicoba!

Beberapa dari aplikasi ini telah mendukung teknologi augmented reality yang menggabungkan kamera ponsel pintar Anda untuk menunjukkan dengan tepat di mana bintang berada. Anda bisa mengarahkan kamera ponsel ke arah langit tertentu dan menemukan posisi bintang dan rasi bintang secara real-time.

Dengan aplikasi-aplikasi ini, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk mengetahui lebih banyak informasi pendidikan tentang benda-benda angkasa, atau untuk merencanakan aktivitas pengamatan bintang, planet, satelit buatan, hingga hujan meteor.

Penasaran? Berikut 5 aplikasinya!

1. Celestron SkyPortal

Tangkapan layar Celestron SkyPortal. Kredit: Google Play Store
Aplikasi peta langit yang satu ini adalah besutan Celestron. Aplikasi ini memuat kurang lebih 120.000 bintang, lebih dari 200 gugus bintang, nebula, galaksi, dan puluhan asteroid, komet, hingga satelit buatan termasuk ISS.

SkyPortal mencakup segala hal yang Anda butuhkan untuk menjelajah langit malam dengan cara baru yang menarik. Menariknya, aplikasi ini dapat terhubung ke teleskop WiFi Celestron yang kompatibel, Anda dapat secara otomatis mengarahkan teleskop ke objek apapun di basis data aplikasi SkyPortal dan melihatnya dengan sangat rinci.

Unduh: Android | iOS

2. Stellarium Mobile

Tangkapan layar Stellarium Mobile. Kredit: iTunes
Stellarium Mobile adalah planetarium digital yang berfitur lengkap untuk ponsel pintar Anda. Aplikasi ini mampu menunjukkan peta langit malam yang realistis dan akurat seperti yang Anda lihat dengan mata telanjang, binokuler, ataupun teleskop.

Aplikasi ini juga dilengkapi kontrol sensor yang akan memungkinkan Anda mengenali bintang hanya dalam beberapa detik dengan mengarahkan ponsel Anda ke langit!

Unduh: Android | iOS

3. Star Chart

Tangkapan layar aplikasi Star Chart. Kredit: iTunes
Selain dibekali fitur augmented reality, aplikasi Star Chart bisa melakukan "perjalanan waktu" hingga sekitar 10.000 tahun ke depan atau ke belakang. Anda juga dapat mengubah lokasi Anda untuk melihat langit malam dari titik manapun di muka Bumi. Dengan fitur tambahan yang bisa dibeli di dalam aplikasi, Anda bisa membuka katalog ratusan ribu bintang yang disempurnakan, hujan meteor, komet, dll.

Unduh: Android | iOS

4. Star Walk 2

Tangkapan layar aplikasi Star Walk 2. Kredit: iTunes
Star Walk 2 merupakan sebuah aplikasi peta bintang dan planet yang sempurna yang bisa digunakan oleh orang dewasa dan bahkan anak-anak. Baik untuk astronom amatir hingga pengajar profesional untuk bahan belajar astronomi. Aplikasi ini juga merupakan alat pendidikan yang hebat bagi para guru yang bisa digunakan selama pelajaran sains di sekolah.

Aplikasi Star Walk 2 memiliki kelebihan dalam segi grafis namun tidak memakan banyak memori ponsel Anda. Tertarik untuk mencobanya?

Unduh: Android | iOS

5. Night Sky Lite

Tangkapan layar aplikasi Night Sky Lite. Kredit: Google Play Store
Walaupun dikatakan "Lite", nyatanya aplikasi ini lebih dari namanya. Berbeda dengan aplikasi peta langit yang telah disebutkan sebelumnya, Night Sky Lite memiliki fitur-fitur unik yang tidak ditemukan di aplikasi lainnya.

Fitur-fitur tersebut antara lain "Night Sky Condition", fitur yang memungkinkan Anda mengetahui kondisi cuaca malam hari di lokasi Anda berada. Ada pula fitur "Earth View 3D" yang memungkinkan Anda menjelajahi planet kita dengan tampilan 3D serta melihat posisi berbagai satelit kapan saja.

Unduh: Android | iOS

Nah, itulah 5 aplikasi peta langit yang wajib dicoba untuk memudahkan Anda dalam mengetahui benda-benda langit apa saja yang bisa Anda lihat di langit. Selamat menjelajah langit!

Jangan lupa untuk unduh juga aplikasi InfoAstronomyApp untuk Android di Google Play Store, klik di sini.
5 Aplikasi Peta Langit yang Wajib Dicoba 5 Aplikasi Peta Langit yang Wajib Dicoba Reviewed by Riza Miftah Muharram on September 05, 2017 Rating: 5

Hype - Jangan Lewatkan!