Bisakah Kita Melihat Bintang-bintang yang Terletak di Luar Bimasakti?

Bentangan galaksi Bimasakti di langit Tanjungpandan, Belitung. Kredit: Martin Mathadinata
Info Astronomy - Bumi kita terletak di galaksi Bimasakti. Dengan begitu, bintang-bintang yang selama ini kita lihat di langit merupakan bagian dari galaksi ini. Tapi pertanyaannya, bisakah kita melihat bintang-bintang yang terletak di luar Bimasakti?

Jawabannya adalah, tidak. Bintang-bintang di luar Bimasakti secara otomatis merupakan bagian dari galaksi lain, atau kalaupun bukan, bintang tersebut terlalu redup karena berjarak sangat jauh di luar galaksi. Walau begitu, jika Anda ingin melihat bintang-bintang di luar Bimasakti, Anda bisa melihat galaksi Andomeda.

Selain Andromeda, bintang-bintang di luar Bimasakti juga bisa kita amati saat melihat ke arah galaksi satelit Awan Magellan Besar dan Awan Magellan Kecil. Simak cara melihat galaksi Andromeda di tautan ini, dan cara melihat Awan Magellan Besar di tautan ini.

Gambar di atas artikel ini menunjukkan sebuah jalur galaksi Bimasakti di langit Tanjungpandan, Belitung. Galaksi kita memiliki diameter 100.000 tahun cahaya, tapi relatif pipih sehingga memiliki ketebalan hanya sekitar 10.000 tahun cahaya. Jadi, bintang-bintang yang bisa kita amati di langit keseluruhannya merupakan anggota bintang Bimasakti.

Foto di atas dipotret oleh astrofotografer kami, Martin Marthadinata saat kami berkunjung ke Belitung dalam rangka pengamatan Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016.