Mengamati Galaksi Tetangga Bima Sakti di Langit Malam, Awan Magellan Besar

Awan Magellan Besar, galaksi kerdil tetangga Bima Sakti di langit Bromo, Jawa Timur. Kredit: Martin Marthadinata
Info Astronomy - Memandangi dan memotret bentangan galaksi Bima Sakti di langit malam mungkin sudah biasa bagi sebagian orang, bagaimana kalau mencoba untuk mengamati galaksi tetangga kita? Galaksi tetangga tersebut adalah galaksi kerdil bernama Awan Magellan Besar, yang juga merupakan satelit galaksi Bima Sakti.

Yup, Awan Magellan Besar merupakan satelit galaksi Bima Sakti. Dalam jarak kurang dari 163.000 tahun cahaya (~50 kiloparsek), Awan Magellan Besar adalah galaksi terdekat ketiga dari Bima Sakti, dengan galaksi kerdil elips Sagittarius (~ 16 kiloparsek) dan galaksi kerdil Canis Major (~ 12,9 kiloparsek) yang berada lebih dekat dengan pusat Bima Sakti.

Galaksi kerdil Awan Magellan Besar bermassa kira-kira 10 miliar kali dari massa Matahari, membuatnya kira-kira 1/100 massa Bima Sakti, dan berdiameter sekitar 14.000 tahun cahaya (~ 4,3 kiloparsek). Awan Magellan Besar merupakan galaksi terbesar ke empat dalam Grup Lokal, setelah Galaksi Andromeda (M31), Galaksi Bima Sakti, dan Galaksi Triangulum (M33).

Dalam pandangan mata, galaksi kerdil Awan Magellan Besar terlihat sebagai "awan" yang samar dan redup di langit malam di arah langit selatan. Ia terletak di perbatasan antara rasi bintang Dorado dan Mensa, serta terlihat dari Bumi dengan ukuran 20 kali lebih besar diameter sudutnya daripada Bulan Purnama.

Walaupun dikatakan terlihat sebagai "awan", kenampakannya sangat jauh berbeda dengan awan yang sesungguhnya. Seperi citra yang dipotret astrofotografer Martin Marthadinata di langit atas Gunung Bromo di atas, galaksi kerdil Awan Magellan Besar nampak lebih terang dari bintang-bintang di sekitarnya.

Untuk dapat melihat Awan Magellan Besar, Anda butuh mencari lokasi yang langitnya masih bebas dari polusi udara dan jauh dari polusi lampu perkotaan. Pengamatan di pegunugan maupun dataran tinggi sangat disarankan karena biasanya langit malam di lokasi-lokasi tersebut sangat bersih.
Mengamati Galaksi Tetangga Bima Sakti di Langit Malam, Awan Magellan Besar Mengamati Galaksi Tetangga Bima Sakti di Langit Malam, Awan Magellan Besar Reviewed by Riza Miftah Muharram on 8/24/2016 11:57:00 AM Rating: 5