Hubble Berhasil Amati Galaksi Pabrik Bintang Yang Sendirian

Galaksi pabrik bintang MGC+07-33-027. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Citra yang menakjubkan ini dipotret dengan instrumen "Advanced Camera Survey" yang berada pada Teleskop Antariksa Hubble milik NASA, menunjukkan sebuah galaksi pabrik bintang atau "starburst" bernama MCG+07-33-027.

Galaksi ini terletak pada jarak sekitar 300 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi kita, dan saat ini sedang mengalami tingkat pembentukan bintang yang sangat tinggi. Maka dari itulah disebut pabrik bintang atau "starburst".

Ada perbedaan yang sangat mencolok antara galaksi pabrik bintang dengan galaksi yang normal. Galaksi normal pada umumnya hanya membentuk beberapa bintang baru per tahun, tetapi galaksi "starburst" dapat membentuk jumlah bintang baru yang seratus kali lebih banyak dari galaksi normal!

Pada galaksi pembentuk bintang MCG+07-33-027, lengan spiral galaksi tersebut diketahui merupakan wilayah pembentukan bintang. Berkat pengamatan oleh Hubble ini, para astronom berhasil mendapatkan banyak sekali ilmu pengetahuan tentang galaksi dan pembentukan bintang.

Para astronom juga berhasil mengetahui bahwa galaksi pabrik bintang yang dalam periode intens ini dipicu oleh—entah bagaimana—tabrakan dengan galaksi lain. MCG+07-33-027 diketahui merupakan galaksi yang sendirian di wilayahnya, hal tersebut memperkuat teori bahwa galaksi ini melahap galaksi lain di sekitarnya sehingga menjelma menjadi galaksi pabrik bintang.