Fakta-fakta Menarik Planet Raksasa Gas Tata Surya

Info Astronomy - Matahari dikelilingi oleh 8 planet utama, dengan empat di antaranya adalah planet raksasa gas. Eits, planet macam apa tuh? Apakah mereka suka ngegas?

Menurut Space.com, raksasa gas adalah jenis planet yang sebagian besar terdiri dari gas, seperti hidrogen dan helium, dengan inti berbatu yang relatif kecil. Raksasa gas di tata surya kita adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus, yang keempatnya berada di luar orbit Mars dan sabuk asteroid. Jupiter dan Saturnus secara substansial lebih besar dari Uranus dan Neptunus, dan setiap pasangan planet ini memiliki komposisi yang berbeda.

Kenalan lebih dalam planet-planet raksasa gas ini yuk!

Fakta-fakta Mendasar

Jupiter adalah planet terbesar di tata surya kita. Ia memiliki radius hampir 11 kali radius Bumi. Dikelilingi sekitar 79 bulan, Jupiter sebagian besar terdiri dari hidrogen dan helium yang mengelilingi inti batuan dan esnya yang padat. Inti Jupiter diperkirakan sebagian besar terdiri dari hidrogen logam cair, yang menciptakan medan magnet besar. Sementara itu, atmosfernya terdiri dari hidrogen, helium, metana, dan sebagian besar amonia, yang menyebabkan ia tampak cokelat kekuningan.

Saturnus, planet kedua terbesar di tata surya, memiliki radius 9 kali Bumi dan memiliki sistem cincin yang begitu megah. Dengan total 82 bulan yang mengelilinginya, Saturnus menjadi planet di tata surya dengan bulan terbanyak. Seperti Jupiter, sebagian besar Saturnus terdiri dari hidrogen dan helium yang mengelilingi inti padat. Suasananya mirip dengan Jupiter, hanya saja kepadatannya lebih rendah daripada kepadatan air.