Tiga Antariksawan Pulang ke Bumi Setelah 186 Hari di Luar Angkasa

Kapsul Soyuz mendarat dari Stasiun Luar Angkasa Internasional. Kredit: Roscosmos
Info Astronomy - Tiga awak Stasiun Luar Angkasa Internasional, yakni astronot NASA Timothy Kopra, kosmonot Rusia Yuri Malenchenko dan astronot Inggris Timothy Peake telah berhasil kembali ke Bumi pada Sabtu, 18 Juni 2016 pukul di 16:15 WIB.

Tiga awak tersebut undock dari Stasiun Luar Angkasa Internasional pukul 12:55 WIB siang tadi (18/6). Mereka terjun ke Bumi dengan menumpangi kapsul antariksa Soyuz TMA-19M buatan Rusia dan butuh waktu sekitar 4 jam untuk mendarat di Kazakstan.

Mereka kembali ke Bumi setelah menjalani misi selama 186 hari di orbit rendah Bumi sejak diluncurkan pada bulan Desember 2015. Ketiga awak ini tergabung dalam misi Ekspedisi 47 yang telah berkontribusi untuk ratusan eksperimen dalam bidang biologi, bioteknologi, ilmu fisika dan ilmu bumi di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Pulangnya awak Ekspedisi 47 ini menyisakan awak Ekspedisi 48 di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Ekspedisi 48 dikomandoi oleh astronot NASA Jeff Williams dan ditemani dua kosmonot Rusia Oleg Skripochka dan Alexey Ovchinin. Mereka bertiga akan tetap berada di orbit rendah Bumi selama tiga minggu sampai kedatangan tiga anggota awak baru.

Ketiga awak baru tersebut adalah astronot NASA Kate Rubins, kosmonot Rusia Anatoly Ivanishin dan Takuya Onishi dari Japan Aerospace Exploration Agency. Ketiga awak baru ini dijadwalkan untuk meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada 6 Juli 2016 dari Baikonur, Kazakstan.