Mars Bakal Berada di Jarak Terdekatnya dengan Bumi pada 30 Mei 2016

Planet Mars dipotret melalui teleskop di Bekasi, Indonesia. Kredit: Ajisaka Octawiyano/Sirius Celestia
Info Astronomy - Bersiaplah, pada tanggal 30 Mei 2016, planet Mars akan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi untuk pertama kali sejak tahun 2005. Tapi sayangnya, bertentangan dengan hoax yang merebak, walau di jarak terdekat Mars tidak akan nampak sebesar Bulan Purnama.

Bumi, seperti yang kita ketahui, mengorbit Matahari pada jarak 149.600.000 kilometer sekali setiap 365,3 hari. Sementara Mars mengorbit pada jarak yang lebih jauh, yakni 227.900.000 kilometer dan mengorbit Matahari sekali setiap 687 hari.

Pada akhir Mei 2016 ini, Bumi akan mulai "menyalip" Mars dalam revolusinya terhadap Matahari. Bumi akan berada tepat di antara Matahari dan Mars dalam bidang Tata Surya. Dan dengan demikian, dua planet ini akan berada di titik terdekat mereka satu sama lain dalam orbitnya.

Peristiwa ini dalam astronomi dikenal sebagai oposisi, ketika Mars, Bumi, dan Matahari berada dalam satu garis lurus. Di jarak terjauhnya dari Bumi, Mars bisa mencapai jarak 401 juta kilometer, dan pada tanggal 30 Mei 2016, Mars hanya akan berjarak sekitar 75.300.000 kilometer.

Meskipun ini cukup dekat, faktanya Mars bisa lebih dekat, seperti yang terjadi pada tahun 2003. Tepatnya pada bulan Agustus 2003, Mars berjarak hanya 55.760.000 kilometer dari Bumi, sebuah jarak terdekat antara kedua planet ini dalam 60.000 tahun. Mars tidak akan sedekat itu lagi sampai tahun 2287.
Kenampakan Mars di tahun 2016, dengan Bulan sebagai perbandingan. Kredit: NASA/JPL-Caltech
Berada di titik terdekat dengan Bumi tidak hanya memungkinkan kita untuk melihat Mars lebih jelas dengan teleskop, tetapi juga bermanfaat untuk perjalanan luar angkasa. Untuk melaksanakan misi ke Mars, pesawat luar angkasa sering ditempatkan pada jadwal peluncuran ketika Mars berada dekat dengan Bumi (setiap 26 bulan) untuk meminimalkan waktu perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai ke Planet Merah.

Pada bulan Maret tahun ini misalnya, Eropa dan Rusia meluncurkan bagian pertama dari misi ExoMars ambisius mereka. Pada tahun 2018 mendatang, perusahaan luar angkasa SpaceX juga berencana untuk meluncurkan pesawat luar angkasa pertama mereka ke Mars, yang hampir bertepatan ketika Mars di titik oposisi.

Seperti disebutkan di atas, walaupun Mars berada di jarak terdekat dengan Bumi, jangan sampai Anda tertipu ketika ada seseorang yang mengklaim Mars akan muncul sebesar Bulan di langit. Faktanya, pada tanggal 30 Mei 2016 nanti, Mars akan tertap terlihat bagai bintang merah terang tak berkelap-kelip jika Anda melihatnya dengan mata.

Namun tentu ada perbedaa, Mars akan terlihat lebih terang dari biasanya. Apabila Anda memiliki teleskop, Anda bisa melihat Mars lebih jelas seperti pada foto di atas. Oh iya, oposisi Mars terjadi pada 22 Mei 2016, dan akan terjadi lagi pada tahun 2018 yang nantinya Mars hanya berjarak 57.600.000 kilometer.

Untuk memudahkan menemukan Mars di langit, unduh aplikasi peta langit untuk gawai Anda di sini: InfoAstronomy.org/unduh