Inilah 5 Benda Langit Jauh yang Bisa Diamati dengan Teleskop Kecil

Sudah punya teleskop? Ini saatnya Anda gunakan teleskop untuk melihat benda-benda langit jauh, apa lagi jika Anda memiliki teleskop dengan magnifikasi yang sangat baik. Setidaknya, ada lima benda langit jauh yang bisa dilihat dengan teleskop kecil, mereka adalah sebuah nebula, galaksi dan gugus bintang.
Nebula Orion. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Info Astronomy - Sudah punya teleskop? Ini saatnya Anda gunakan teleskop untuk melihat benda-benda langit jauh, apa lagi jika Anda memiliki teleskop dengan magnifikasi yang cukup baik. Setidaknya, ada lima benda langit jauh yang bisa dilihat dengan teleskop kecil, mereka adalah sebuah nebula, galaksi dan gugus bintang.

Nomor satu dalam daftar lima benda langit jauh yang bisa diamati dengan teleskop kecil adalah nebula Orion, seperti pada foto di atas. Memang, dengan teleskop kecil, nebula Orion tidak akan terlihat seperti gambar yang dipotret menggunakan Teleskop Antariksa Hubble ini, tapi nebula Orion cukup terang dan bahkan dapat terlihat dengan mata telanjang.

Dengan bantuan teleskop Anda, nebula Orion juga terlihat cukup mengesankan. Untuk menemukannya, Anda dapat menggunakan aplikasi peta langit. Atau jika Anda ingin mencarinya langsung di langit, carilah terlebih dulu sabuk Orion di rasi bintang Orion, terbentuk dari tiga bintang terang yang sejajar. Nebula Orion akan berada beberapa derajat di arah selatannya.

Galaksi Andromeda. Kredit: NASA/ESA/Hubble
Nomor dua adalah Galaksi Andromeda alias M31, galaksi yang indah ini adalah salah satu benda langit jauh yang juga dapat dilihat dengan mata telanjang dan nampak cukup baik dengan teleskop kecil. Untuk menemukannya, Anda juga dapat menggunakan aplikasi peta langit agar lebih mudah, atau mencari rasi bintang Cassiopeia.

Galaksi Andromeda berada sekitar 15 derajat ke bawah dari rasi bintang Cassiopeia. Galaksi Andromeda dapat dengan mudah ditemukan di langit malam. Syaratnya, langit tidak tercemar polusi udara, jauh dari lampu kota, dan tidak ada Bulan. Daerah perkotaan mungkin akan sangat sulit menemukan Andomeda.

Andromeda adalah galaksi terdekat Bima Sakti. Jaraknya dari Bima Sakti adalah 2,5 juta tahun cahaya. Galaksi tetangga kita ini memiliki magnitudo +3, cukup cemerlang untuk dilihat di langit yang bebas polusi dan benar-benar gelap.