Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Gerhana Matahari Donat di Planet Mars

Apabila di Bumi ada yang namanya Gerhana Matahari Total maupun Gerhana Matahari Cincin, di planet Mars juga ada peristiwa gerhana Matahari. Bedanya, di sana tidak ada gerhana total maupun sebagian, tetapi Gerhana Matahari Donat!
Gerhana Matahari Donat. Kredit: NASA
Info Astronomy - Apabila di Bumi ada yang namanya Gerhana Matahari Total maupun Gerhana Matahari Cincin, di planet Mars juga ada peristiwa gerhana Matahari. Bedanya, di sana tidak ada gerhana total maupun cincin, tetapi Gerhana Matahari Donat!

Citra Gerhana Matahari Donat di atas dipotret oleh robot penjelajah Lembaga Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang bernama Curiosity. Robot penjelajah seukuran mobil dengan enam roda tersebut sukses mengarahkan kameranya ke arah Matahari saat salah satu dari dua satelit alami milik Mars, Phobos, menutupi muka Matahari.

Ya, tepat. Peristiwa itu sejatinya adalah Gerhana Matahari. Matahari, Mars, dan Phobos terletak dalam satu garis lurus. Hal ini sama dengan Gerhana Matahari di Bumi, Bulan berada di antara Matahari dan Bumi.

Bedanya, karena ukuran Phobos yang kecil, hanya berdiameter 22 kilometer, area Matahari yang tertutupi tak sebesar area Matahari saat Bulan yang berdiameter 3.474 berada di mukanya. Dengan begitu, gerhana Matahari di Mars akan berbentuk layaknya donat; Matahari akan terlihat "bolong" di bagian tengahnya.

Gerhana Matahari 9 Maret 2016

Infografis Gerhana Matahari Total dan Sebagian 9 Maret 2016. Ilustrator: Riza Miftah Muharram
Pada 9 Maret 2016 nanti, Indonesia akan menjadi satu-satunya negara yang dilalui Gerhana Matahari Total. Wilayah-wilayah yang dilintasi jalur gerhana total adalah Palembang (dengan durasi gerhana 1 menit 52 detik), Bangka & Belitung (2 menit 10 detik), Balikpapan (1 menit 9 detik), Luwuk (2 menit 50 detik), Sampit (2 menit 8 detik), Palu (2 menit 4 detik), Ternate (2 menit 39 detik), Bangka (2 menit 8 detik), Palangkaraya (2 menit 29 detik), Poso (2 menit 40 detik), serta Halmahera (1 menit 36 detik).

Sementara itu, wilayah yang tidak disebutkan hanya akan melihat Gerhana Matahari Sebagian atau Parsial, mulai dari 60-90%, seperti yang ditunjukan pada infografis di atas. Jakarta misalnya, hanya kebagian gerhana Matahari sekitar 86%, berbeda dengan Tanjung Pandan yang mendapat jatah gerhana Matahari 100% total.

Unduh ebook panduan dan informasi Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 yang berisi informasi mengenai berapa persen gerhana di daerah Anda dan pukul berapa gerhana tersebut terjadi, klik di sini: infoastronomy.org/gerhana-2016
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.