Apa Bintang Terbesar di Alam Semesta?

Ilustrasi. Kredit: NASA's Goddard Flight Center
Info Astronomy - Alam semesta amat sangat luas, lebih luas dari yang Anda bayangkan saat ini, dan alam semesta merupakan rumah bagi banyak obyek raksasa. Bagi manusia, Bumi mungkin sangat besar. Namun planet yang kita huni ini hanya bagaikan debu bila dibandingkan dengan bintang-bintang. Jadi, apa bintang terbesar di alam semesta?

Kita tahu Matahari adalah sebuah bintang, bintang kelas G2V, bintang deret utama yang memiliki diameter sekitar 1.392.000 kilometer, dibandingkan dengan Bumi yang hanya berdiameter sekitar 12.742 kilometer. Apakah Matahari merupakan bintang terbesar? Ya, ia adalah bintang terbesar yang berada di dekat Bumi, namun bukan yang terbesar di alam semesta!

Bagaikan Bumi, Matahari juga hanya bagaikan debu di antara bintang-bintang raksasa. Matahari hanyalah bintang berukuran rata-rata. Untuk menjawab pertanyaan apa bintang yang terbesar di alam semesta sebenarnya secara ilmiah akan sulit mendapatkan jawaban yang jelas dan sederhana. Karena ada beberapa kemungkinan.

Kandidat pertama adalah bintang NML Cygni. Bintang ini diklasifikasikan sebagai bintang maha-maha raksasa merah (English: red hypergiant) satu kelas lebih besar dari bintang maharaksasa (supergiant), yang merupakan salah satu kelas dari bintang raksasa.