Tiga Astronot Baru Berhasil Meluncur ke Stasiun Luar Angkasa

Tiga kru Ekspedisi 46 bakal meluncur ke International Space Station (ISS) pada Selasa, 15 Desember 2015. Mereka adalah astronot Timothy Peake dari Britania Raya (ESA), kosmonot Yuri Malenchenko dari Rusia (Roscosmos) dan astronot Tim Kopra dari AS (NASA).
Dari kiri ke kanan: Astronot Tim Peake (Britania Raya), kosmonot Yuri Malenchenko (Rusia) dan astronot Tim Kopra (AS). Kredit: NASA, Space Flight Now
Info Astronomy - Tiga kru Ekspedisi 46 berhasil meluncur ke International Space Station (ISS) pada Selasa, 15 Desember 2015. Mereka adalah astronot Timothy Peake dari Britania Raya (ESA), kosmonot Yuri Malenchenko dari Rusia (Roscosmos) dan astronot Tim Kopra dari AS (NASA).

Ketiganya meluncur dari Kazakhstan dengan sebuah roket Soyuz di landasan peluncuran Kosmodrom Baikonur. Mereka menumpangi kapsul antariksa Soyuz TMA-19M dan meluncur tepat pukul 18:03 WIB sore ini (15/12), mereka akan tiba di ISS enam jam ke depan.

Roket Soyuz meluncur pukul 18:03 WIB. 15 Desember 2015. Kredit: ESA
Kosmonot veteran Yuri Malenchenko akan menjadi pilot utama kapsul antariksa Soyuz bersama astronot NASA Tim Kopra dan astronot Inggris Tim Peake. Para kru akan tinggal dan bekerja di ISS untuk enam bulan ke depan. Mereka akan menjalankan misi dan percobaan ilmiah untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan menguji kehidupan manusia Bumi di luar angkasa.

Malenchenko adalah kru paling berpengalaman dari trio ini, ia pernah menghabiskan misi 641 hari di luar angkasa. Dia juga pernah menjalani misi di stasiun ruang angkasa milik Rusia, Mir dan terbang menggunakan pesawat ulang alik Atlantis.

Sementara itu, ini akan menjadi misi ISS kedua bagi Kopra, setelah menghabiskan 58 hari di ISS pada misi Ekspedisi 20. Dan Peake, ia adalah astronot pertama dari Britania Raya yang akan meluncur dan menjalani misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional, dan ini akan menjadi misi pertamanya sepanjang hidupnya.

Good luck, astronauts!