Perbandingan Film 'The Martian' dengan Misi Asli NASA ke Planet Mars

Film 'The Martian' mengambil latar waktu 20 tahun ke masa depan, tapi saat ini NASA sudah mengembangkan banyak teknologi yang muncul dalam film tersebut.
Misi Journey to Mars NASA. Kredit: NASA
Info Astronomy - Film 'The Martian' mengambil latar waktu 20 tahun ke masa depan, tapi saat ini NASA sudah mengembangkan banyak teknologi yang muncul dalam film tersebut.

Film yang diadopsi dari novel dengan judul yang sama karya Andy Weir ini menceritakan tentang misi eksplorasi manusia ke Mars di tahun 2030an, ketika astronot NASA secara teratur bepergian ke Mars. Berikut adalah perbandingan film 'The Maritian' dengan misi asli NASA ke Planet Merah:

Kesamaan Misi
Kredit: NASA
Dalam film: Astronaut Mark Watney terdampar di Planet Merah.

Kenyataan: Dalam persiapan untuk mengirimkan manusia ke Mars, NASA telah menyelesaikan salah satu misi isolasi di Hawaii, yang dikenal sebagai HI-SEAS. Tujuan dari misi isolasi ini adalah untuk melihat bagaimana sebuah kelompok kecil manusia bisa bertahan hidup saat berada jauh dari kenyamanan. Simulasi NASA ini berlangsung selama 8 bulan, dan misi berikutnya direncanakan berlangsung setahun.

Lokasi Peluncuran
Kredit: NASA
Dalam film: Peluncuran astronot pada misi Aries di film 'The Martian' dilakukan di Johnson Spaceport. Sebuah kantor fiksi NASA yang terlihat lebih futuristik saat itu.

Kenyataan: Saat ini, NASA sedang membangun Ground Systems Development and Operations untuk mempersiapkan  lokasi peluncuran roket atau pesawat antariksa yang dirancang untuk eksplorasi manusia ke Mars. NASA tidak hanya mengembangkan sistem baru, tetapi juga melakukan perbaikan dan peningkatan infrastruktur lama untuk memenuhi kebutuhan masa depan.

Propulsi Luar Angkasa
Kredit: NASA
Dalam film: Di film 'The Martian', para astronot berangkat atau meluncur ke Planet Merah menggunakan sistem propulsi yang dikenal sebagai Mars Ascent Vehicle (MAV).

Kenyataan: NASA sedang mengembangkan roket yang paling kuat yang pernah mereka rancang, yang dikenal sebagai Space Lauch System (SLS). Setelah SLS selesai dibangun, sistem ini akan memungkinkan astronot untuk menjelajah Mars bahkan Tata Surya. SLS akan menggunakan mesin RS-25, yang sebelumnya digunakan sebagai mesin utama pada pesawat ulang-alik. Mesin ini telah terbukti kehandalannya dan saat ini sedang diperbaharui dengan teknologi terbaru.

Kontrol Misi
Kredit: NASA
Dalam film: Pusat kontrol misi NASA di Houston pada film 'The Martian' terlihat sangat futuristik, teknologi terdepan sudah digunakan saat itu di dalam film.

Kenyataan: Di misi perjalanan NASA yang sebenarnya ke Mars, pusat kontrol misi di Houston akan digunakan untuk memantau misi Orion dan seluruh kru di dalamnya. Mereka akan melakukan perjalanan ke Mars dua dekade mendatang.

Habitat
Kredit: NASA
Dalam film: Habitat atau tempat tinggal buatan di permukaan Mars pada film 'The Martian' dibangun dengan sangat canggih serta berisi berbagai sistem pendukung kehidupan.

Kenyataan: NASA sedang mengembangkan Human Exploration Research Analog (HERA), yang sebelumnya dikenal sebagai Deep Space Habitat, merupakan modul tempat tinggal astronot tiga lantai yang dirancang dan dibuat melalui serangkaian kompetisi di seluruh universitas di AS. HERA nantinya akan memungkinkan astronot Mars untuk tempat tinggal yang nyaman dan mendukung kehidupan.

Kendaraan Penjelajah
Kredit: NASA
Dalam film: Seluruh tokoh pada film 'The Martian' mampu melakukan perjalanan di permukaan Mars dengan sebuah kendaraan penjelajah (rover) yang bernama Mars Descent Vehicle (MDV).

Kenyataan: NASA sedang mengembangkan rover generasi terbaru untuk eksplorasi ruang angkasa, tidak hanya untuk di Mars. Dinamai Mars Exploration Vehicle (MEV), rover besutan NASA ini akan dirancang sefleksibel mungkin dan tergantung ke mana tujuan eksplorasinya. MEV akan memiliki kabin bertekanan udara, serta kemampuan untuk menjadi tempat tinggal sementara bagi maksimal dua astronot selama 14 hari.

Menanam Tanaman
Kredit: NASA
Dalam film: Astronot Mark Watney pada film 'The Martian' berhasil menanam dan memanen kentang di permukaan Mars.

Kenyataan: NASA sudah menanam dan memanen selada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk persiapan untuk eksplorasi luar angkasa. Tumbuhan segar di luar angkasa akan memberikan suplemen pangan yang berkelanjutan. Astronot Mars diharapkan tetap sehat dengan mengkonsumsi sayuran.

Baju Antariksa
Kredit: NASA
Dalam film: Baju antariksa (spacesuit) yang dikenakan oleh astronot Mark Watney dalam film 'The Martian' memungkinkan ia untuk bekerja dan berjalan dengan leluasa di permukaan Mars, sekaligus melindungi tubuhnya dari lingkungan Mars yang ekstrim.

Kenyataan: NASA sedang merancang prototip dari generasi baru spacesuit bernama Z-2 Exploration Suit. Nantinya, spacesuit rancangan NASA ini akan sangat dilengkapi teknologi canggih yang memungkinkan astronot untuk hidup dan bekerja di permukaan Mars. Spacesuit NASA ini juga dirancang untuk mudah dipakai untuk mempersingkat waktu persiapan, meningkatkan keamanan dan meningkatkan kemampuan astronot selama melakukan kegiatan di Mars.

Jadi, itulah perbandingan film 'The Martian' dengan misi asli NASA ke Planet Mars yang akan dilakukan setidaknya 2 dekade mendatang. Siap untuk the new giant leap for mankind?

nasa.tumblr.com