Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

BREAKING: Asteroid 1999 FN53 Lintas Dekat Bumi pada Kamis, 14 Mei 2015

Sebuah asteroid bernama 1999 FN53 akan lintas dekat Bumi dengan aman pada jarak 26 kali jarak Bumi ke Bulan pada 14 Mei 2015. Dengan kata lain, pada titik terdekatnya, asteroid akan berjarak tidak lebih dekat 10 juta kilometer.
BREAKING: Asteroid 1999 FN53 Lintas Dekat Bumi pada Kamis, 14 Mei 2015
Ilustrasi. Kredit: NASA
Info Astronomy - Sebuah asteroid bernama 1999 FN53 akan lintas dekat Bumi dengan aman pada jarak 26 kali jarak Bumi ke Bulan pada 14 Mei 2015. Dengan kata lain, pada titik terdekatnya, asteroid akan berjarak tidak lebih dekat 10 juta kilometer.

Asteroid ini memiliki orbit lonjong yang lintas dekat Bumi pada waktu terntentu. Jarak 1999 FN53 hari ini adalah yang terdekat sejak 100 tahun. Asteroid 1999 FN53 memiliki diameter 1 kilometer, cukup besar untuk meluluh lantakan sebuah negara.

"Lintas dekat hanyalah sebuah istilah, pada kenyataannya jarak asteroid dengan Bumi sangatlah jauh," kata Paul Chodas, manajer Obyek Dekat Bumi milik NASA, di Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California. "Kita bisa menghitung gerakan asteroid ini untuk 3.000 tahun ke depan dan tidak terdeteksi asteroid ini akan menjadi ancaman bagi Bumi. Ini adalah asteroid yang relatif biasa-biasa saja."

Orbit asteroid 1999 FN53. Kredit: NASA, JPL
NASA mendeteksi, melacak dan mencirikan asteroid dan komet menggunakan dua teleskop yang berbasis di Bumi dan di orbit Bumi. Elemen Program Obyek Dekat Bumi, sering disebut sebagai "Spaceguard," menemukan benda-benda angkasa yang berpotensi berbahaya bagi Bumi.

Program Obyek Dekat Bumi NASA merupakan bagian dari inisiatif lembaga asteroid, yang mencakup mengirimkan robot ke luar angkasa untuk menangkap dan memindahkan sebuah asteroid ke dalam orbit yang stabil sekitar Bulan untuk dieksplorasi oleh astronot.

Informasi lebih lanjut tentang asteroid dan dekat Bumi silakan kunjungi: http://www.jpl.nasa.gov/asteroidwatch
Ada perlu? Hubungi saya lewat riza@belajarastro.com

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.