Observatorium Bosscha Tidak Akan Dipindah ke NTT

Observatorium Bosscha. Kredit: Riza Miftah Muharram
Info Astronomy - Observatorium terbesar di Asia Tenggara, Observatorium Bosscha, diisukan akan dipindahkan ke Kupang, Nusa Tenggara Timur, akibat polusi cahaya yang semakin parah di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Namun isu hanyalah isu, Observatorium Bosscha akan tetap berada atau dengan kata lain tidak akan dipindah ke NTT atau ke manapun.

Kabarnya isu tersebut ditepis oleh Kepala Observatorium Bosscha, Dr. Mahasena Putra. Bosscha tidak akan dipindah, malah di Kupang, NTT nantinya bakal dibangun observatorium baru.

Sena menyatakan jika rencana pembangunan observatorium di NTT sudah dirintis oleh tim peneliti gabungan dari Institut Teknologi Bandung sejak 2009 silam. Meskipun demikian, Observatorium Bosscha masih akan tetap menjadi pusat penelitian astronomi di Indonesia (dan Asia Tenggara).

Peralatan Bosscha pada umumnya telah berusia tua. Padahal, untuk pembangunan penelitian, dibutuhkan peralatan canggih yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Oleh karena itu, para astronom menginginkan kehadiran teleskop baru yang modern dan canggih di Indonesia. Namun, Sena mengaggap, penggunanaan teleskop baru di Bosscha tak akan efektif karena langit Bandung hampir selalu berselimutkan awan dan polusi.

Terkait pembangunan observatorium di Kupang, NTT, Sena mengungkapkan jika tahapan realisasinya masih cukup lama. Pembangunan observatorium itu merupakan bagian dari rencana induk, di samping rencana peluncuran roket, pembuatan satelit, dan penginderaan jauh dari LAPAN.

Ayo masyarakat Indonesia, sadarlah kita sudah membuat langit tercemar dengan polusi!