Asteroid Berdiameter 20 Meter Lintasi Bumi Malam Ini!

Asteroid Berdiameter 20 Meter Bakal Lintasi Bumi pada Jarak Dekat
Ilustrasi saat asteroid lintasi Bumi. Kredit: NASA/JPL
Info Astronomy - Kejutan awal September! Sebuah asteroid yang berukuran 20 meter --cukup kecil dalam skala kosmik-- bakal lintasi Bumi pada Senin, 8 September 2014 dinihari.

Asteroid bernama 2014 RC ini ditemukan pada 31 Agustus 2014 oleh astronom di lembaga Objek Dekat Bumi (Near-Earth Object) milik NASA.

Titik terdekat asteroid ini dengan Bumi adalah pada sepersepuluh jarak Bumi-Bulan alias 40.000 kilometer di atas permukaan Bumi pada pukul 1:18 WIB 8 September 2014 di langit Selandia Baru.

Asteroid Berdiameter 20 Meter Bakal Lintasi Bumi pada Jarak Dekat
Grafis orbit asteroid 2014 RC saat melintasi Bumi. Kredit: NASA/JPL. Diterjemahkan oleh Riza
Saat perlintasan terdekatnya, asteroid 2014 RC akan memiliki magnitudo 11,5. Sangat redup untuk diamati tanpa alat bantu.

Namun dengan teleskop, mungkin masih ada kesempatan untuk melihatnya bergerak cepat di langit dinihari hingga fajar tiba.

Kabar baiknya, walaupun melintas dengan jarak yang relatif dekat dari Bumi, asteroid ini tidak akan menabrak Bumi. Bumi tetap aman dari ancaman asteroid berbahaya ini.