Wah, Hujan Meteor dari Komet ISON Sudah Muncul!

Rasi bintang Leo, titik radian hujan meteor dari komet ISON. Kredit: American Meteor Society
Info Astronomy - Komet ISON telah lenyap. Jika Anda mengikuti pengamatan lenyapnya komet ISON oleh Info Astronomy pada 28 November 2013, Anda akan lebih tahu tentang fenomena ini. Seharusnya.

Sebelum lenyap, komet ISON pernah melewati sekitar 2 juta mil dari orbit Bumi. Dan Bumi tiba pada titik ini pada tanggal 15 Januari 2014.

Komet ISON memproduksi sejumlah besar debu sebelum kehancurannya. Saat Bumi tiba pada titik terdekat komet ISON seperti yang dijelaskan di atas, debu komet ISON bakal masuk ke atmosfer Bumi sebagai meteor.

Seorang peneliti Robert Lunsford dari American Meteor Society mengatakan bahwa 15 Januari 2014 adalah tanggal terbaik untuk menonton hujan meteor dari komet ISON. Namun, Paul Wiegert dari University of Western Ontario mengatakan, "Beberapa hari di sekitar tanggal 12 Januari."

Ada banyak ketidakpastian di sini. Jika Anda benar-benar berniat untuk menonton, cobalah pada malam 12, 13, 14, dan 15 Januari. Pastikan saja langit cerah.

Lunsford, yang membuat grafik di atas, menunjukkan bahwa titik radian untuk hujan meteor dari komet ISON di rasi bintang Leo.

Rasi bintang Leo terbit pukul 22.00 waktu setempat, tapi saat terbaik untuk mengamatinya adalah pukul 02:00 waktu setempat (bukan WIB, WITA atau WIT, tapi waktu setempat rumah Anda).

Kenapa harus pukul 2 dinihari? Itu karena rasi bintang Leo berada di atas kepala, saat yang baik untuk mengamati hujan meteor dan pada jam 2 dinihari langit sudah benar-benar gelap.

Pengamatan bisa dilakukan dengan mata telanjang di seluruh Indonesia. Jika Anda kesulitan menemukan rasi bintang Leo, silakan unduh peta langit di sini.

Semoga beruntung dan selamat mengamati!