Lihat Kenampakan Planet Merkurius di Jum'at Pagi

Letak Merkurius di dekat horizon langit Timur. Kredit: Earth Sky
Info Astronomy - Untuk wilayah belahan Bumi Utara (termasuk Indonesia), planet Merkurius akan menampakan dirinya selama beberapa pekan kedepan mulai besok, Jum'at (15/11).

Merkurius menjadi planet yang paling sulit diamati, planet terdalam di tata surya kita ini selalu berada dekat Matahari di langit Bumi, baik di Barat setelah Matahari terbenam atau seperti saat ini di Timur sebelum fajar.

Merkurius akan mencapai titik elongasi tertinggi -- jarak sudut maksimum dari Matahari -- pada 18 November 2013.

Kabar menariknya, Merkurius akan berada dekat komet ISON pada 22 November 2013. Setelah itu, Merkurius akan berdekatan dengan planet Saturnus di langit fajar tanggal 25 dan 26 November 2013.

Anda tidak perlu teleskop untuk melihat Merkurius sekitar 90-70 menit sebelum Matahari terbit besok (Jumat, 15 November). Tapi Anda akan perlu teleskop untuk melihat komet ISON.

Jika Anda tidak menemukan Merkurius dan komet ISON saat pengamatan, mungkin ini kali pertama Anda mengamati objek langit selain Bulan dan Matahari. Pastikan langit cerah ya.