Komet ISON Mati Suri?

Komet ISON yang terlihat muncul setelah perihelion. Kredit: NASA
Info Astronomy - Komet ISON memintas melalui atmosfer Matahari pada tanggal 28 November 2013 dan pemintasan itu tidak berjalan dengan baik untuk inti es komet ISON.

Tepat sebelum perihelion (pendekatan terdekat dengan Matahari) komet ISON secara cepat pudar dan tampak hancur.

Hal ini membuat berbagai media (termasuk kami) melaporkan bahwa ISON telah mati. Namun, sebagian kecil dari komet mungkin telah selamat. Jadi, bukan keseluruhan.

Komet ISON Mati Suri?
Komet ISON yang mati suri. Kredit: NASA
Dalam video di link ini, komet ISON tampaknya berantakan saat mendekati Matahari. Memang, para peneliti NASA Solar Dynamics Observatory mengatakan mereka tidak melihat apa-apa saat ISON di dekat Matahari.

Namun demikian, beberapa jam kemudian, ada sesuatu yang muncul. Belum jelas apakah ini adalah sebuah fragmen kecil dari inti komet ISON atau mungkin "komet tanpa kepala".

Pengamatan peneliti mencakup sehari dan setengah periode dari 27 November 2013 (01:41 UT) hingga 28 November 2013 (15:22 UT).

Peneliti melihat bahwa komet ISON cemerlang secara dramatis pada 27 November 2013 sebelum memudar pada 28 November 2013.

Intinya, kita masih tidak tahu pasti apa yang telah terjadi pada komet ISON. Ikuti perkembangan topik komet ISON pada link ini.