Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Bintang-bintang di Rasi Orion

Bintang-bintang di Rasi Orion


Info Astronomy — Orion atau Waluku, adalah suatu rasi bintang yang sering disebut-sebut sebagai sang Pemburu. Rasi ini mungkin merupakan rasi yang paling terkenal dan mudah dikenali di angkasa. Bintang apa saja yang ada di Rasi Orion?

Rigel (pengucapan /ˈraɪʤəl/ ) (β Ori / β Orionis / Beta Orionis) adalah bintang paling terang di rasi Orion dan bintang paling terang keenam di langit malam, dengan magnitudo visual 0.18. Meskipun memiliki penamaan Bayer "beta", Rigel hampir selalu lebih terang daripada Alpha Orionis (Betelgeuse).

Betelgeuse (pengucapan /ˈbiːtəldʒuːz/ atau /ˈbɛtəldʒuːz/) (Alpha (α) Orionis) adalah bintang yang terletak 427 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini merupakan bintang paling terang kedua di rasi bintang Orion dan bintang paling terang kesembilan pada langit malam.

Gamma Orionis (γ Ori / γ Orionis) adalah bintang tercerah ketiga di rasi Orion dan bintang paling cerah keduapuluhtujuh di langit malam. Bintang ini berada pada jarak 243 tahun cahaya dari Bumi dan merupakan bintang kelas B2III. Bintang ini ber magnitudo 1.64.

Epsilon Orionis (ε Ori / ε Orionis) adalah bintang biru besar di rasi Orion. Bintang ini merupakan bintang tercerah ketigapuluh di langit malam dan merupakan bintang tercerah keempat di rasi ini. Sebagai bintang maharaksasa biru keputihan (blue-white supergiant), bintang ini juga termasuk bintang yang paling cemerlang. Bersama dengan Mintaka (Delta Orionis) dan Alnitak (Zeta Orionis), bintang ini membentuk "ikat pinggang Orion", yang sangat terkenal pada kebudayaan kuno. Bintang ini berada di tengah dari ketiga bintang tersebut.

Zeta Orionis (ζ Ori) adalah sistem tiga bintang yang berada pada jarak 800 tahun cahaya di rasi Orion. Bersama dengan Delta Orionis (Mintaka) dan Epsilon Orionis (Alnilam), bintang ini membentuk "ikat pinggang Orion", yang sangat terkenal pada kebudayaan kuno. Zeta Orionis (ζ Ori) berada di ujung kiri "ikat pinggang Orion". Komponen utamanya merupakan bintang maharaksasa biru yang panas (blue supergiant) dengan magnitudo absolut -5.25, dan merupakan bintang kelas O tercerah di langit malam dengan magnitudo 1.70. Bintang ini memiliki dua komponen biru ber magnitudo tingkat keempat.

Kappa Orionis (κ Ori / κ Orionis / 53 Orionis) adalah bintang tercerah keenam di rasi Orion. Bintang ini berada pada jarak 720 tahun cahaya dari Bumi dan memiliki massa 15-17 kali Matahari serta memiliki ukuran yang sama dengan Rigel. Bintang ini memiliki suhu 46,000 Fahrenheit. Bintang ini ber magnitudo 2.07.

Delta Orionis (δ Ori), adalah bintang yang berada pada jarak 900 tahun cahaya dari Bumi, di rasi Orion. Bersama dengan Zeta Orionis (Alnitak) dan Epsilon Orionis (Alnilam), bintang ini membentuk "ikat pinggang Orion", yang sangat terkenal pada kebudayaan kuno.

Iota Orionis (ι Ori / ι Orionis) adalah bintang yang paling terang di area "pedang Orion". Tempatnya berada di ujung"pedang". Bintang ini merupakan sistem empat bintang, berada pada jarak 1325 tahun cahaya dan ber magnitudo 2.75.

Pi 3 Orionis (π 3 Ori / π 3 Orionis) merupakan bintang katai putih tipe F (F-type dwarf ) yang berada pada jarak 26 tahun cahaya di rasi Orion. Bintang ini sebenarnya adalah bintang ganda. Pi 3 Orionis adalah bintang yang paling terang di "kulit singa" atau "perisai" yang dipegang Orion.

Eta Orionis (η Ori / η Orionis) adalah salah satu bintang di rasi Orion. Bintang ini berada pada jarak 900 tahun cahaya dari Bumi dan merupakan bagian dari "tangan Orion". Eta Orionis berada sedikit di sebelah barat "ikat pinggang Orion", antara Delta Orionis dan Rigel, lebih dekat kepada Delta Orionis dibandingkan Rigel. Bintang ini merupakan bintang ganda yang terdiri dari dua bintang biru yang saling mengorbit.

Lambda Orionis (λ Ori / λ Orionis) adalah salah satu bintang di rasi Orion. Bintang ini merupakan bintang raksasa biru tipe O (blue giant type O) dan merupakan bagian dari kelompok bintang Collinder 69. Bintang ini ber magnitudo 3.39 dan berada pada jarak 1055 tahun cahaya dari Bumi. Sebenarnya bintang ini adalah bintang ganda. Komponen yang lebih redup ber magnitudo 6 terpisah 4.4 arc seconds dari komponen yang lebih terang.

Phi Orionis (φ Ori/ φ Orionis) adalah yang penamaannya dibagi dua, yaitu, φ¹ Orionis dan φ² Orionis, di rasi Orion. Kedua bintang ini terpisah 0.71° di langit.

Upsilon Orionis (υ Ori / υ Orionis) adalah salah satu bintang yang berada di rasi Orion. Bintang ini merupakan bintang kelas B0V dan ber magnitudo +4.62. Bintang ini berada pada jarak 1545 tahun cahaya dari Bumi. [riza]
Dukung kami untuk terus aktif
Merasa artikel ini bermanfaat untuk kamu? Mau kami bisa terus menerbitkan artikel astronomi bermanfaat lainnya? Kami butuh dukunganmu!

Beri Dukungan

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.