Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Asteroid Berdaya Ledak 84 kali Bom Hirosima Akan Melintasi Bumi

Asteroid Berdaya Ledak 84 kali Bom Hirosima Akan Melintasi Bumi


Info Astronomy — Tanggal 12 Desember 2012 diperkirakan akan banyak fenomena langka di alam semesta, tetapi bukan kiamat, salah satunya asteroid Toutatis yang mendekati bumi. Energi ledakan asteroid itu 84 kali bom Hiroshima. Seperti apa bentuk asteroid ini?

Minggu depan, tepatnya pada Rabu (12/12/2012), asteroid tersebut akan melintas di titik terdekat dari Bumi. Sebelumnya astronom telah menemukan asteroid ini pada 1934.

Memiliki ukuran 4,3 x 2,6 km dan massa 50 miliar ton, benda luar angkasa ini sulit diamati bila hanya dengan mata telanjang.

"Pada 2012 ini perlintasan-dekat Toutatis akan terjadi pada 12 Desember 2012 pukul 13.40 WIB mendatang sejauh 'hanya' 6,95 juta km atau 'hanya' 18 kali lebih jauh dibanding Bulan," kata astronom amatir Ma'rufin Sudibyo lewat akun Facebook, Selasa (4/12).

Ia menilai bahwa Samudra Pasifik akan menjadi titik terdekat bumi dengan asteroid tersebut. Wujudnya nanti sebagai bintik cahaya yang sangat redup, bermagnitudo +8. Magnitudo menyatakan kecerlangan benda langit; semakin negatif, semakin terang.

Asteroid itu pun dijelaskan tidak akan menabrak bumi apalagi menimbulkan kerugian bagi manusia (kiamat). Tetapi bila asteroid ini jatuh di tanah maka energinya mencapai 84 kali bom Hiroshima.

"Asteroid bakal mengoyak titik tumbuknya menjadi kawah selebar 39 km dengan akumulasi panas mampu membakar obyek sejauh 700 km. Sementara itu, gelombang kejutnya mampu memorak-porandakan kawasan seluas 5,6 juta km persegi tanpa ampun," ujar Ma'rufin.

"Jika Toutatis jatuh di lautan, terbentuk mega-tsunami yang demikian masif sehingga pada jarak 10.000 km dari titik tumbuknya, gelombangnya masih setinggi 36 meter (periode 260 detik) yang menjalar secepat 200 km/jam," sambungnya.

Belakangan ini memang ada beberapa benda langit yang melintas di bumi dan menampakkan keindahannya. Semoga saja asteroid Toutatis juga hanya melintas sebagai keindahan yang diamati, bukan bencana. [ayu]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.