Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Airglow, Fenomena Indah yang Sulit Diamati

Airglow, Fenomena Indah yang Sulit Diamati


Info Astronomy — Airglow merupakan fenomena optik di mana sinar terang matahari menyebar ke arah sisi gelap bumi. karenanya bumi tidak pernah benar-benar gelap saat malam hari. Emisi cahaya tersebutlah yang membentuk airglow.

Airglow tercipta karena ion-ion yang terfotonisasi mengalami proses rekombinasi oleh matahari pada siang hari. Pada saat sinar kosmik menabrak bagian atas atmosfer di situ lah tercipta pijaran cahaya dan emisi cahaya di hasilkan oleh oksigen dan nitrogen yang bereaksi dengna ion hidroksil pada ketinggian beberapa ratus meter di atas permukaan bumi. Saat siang tidak akan mungkin untuk melihat airglow.

Orang yang menemukkan fenomena ini adalah anders angstrom, ia menghabiskan waktunya untuk melakukan studi di laboratoriumnya. Berbagai pengamatan terhadap reaksi kimia untuk memancarkan enrgi elektromagnetik sebagai bagian dari proses telah dilakukan.

Percobaan untuk menginduksi airglow telah dilakukan dengan mengarahkan emisi radio berkekuatan tinggi ke arah ionosfer bumi. Gelombang radio tersebut beriteraksi dengan inosfer lalu menginduksi cahaya optik yang samar pada panjang gelombang tertentu serta kondisi tertentu. [Rananda]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.