Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Dragon SpaceX Bawa Muatan Aneh Dari ISS




Kapsul Dragon milik perusahaan swasta Space X, akan menyelesaikan misi bersejarahnya, mengangkut kargo ulang alik ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Dari Bumi ia membawa perlengkapan penelitian ilmiah seberat 425 kg, juga benda-benda personal lain termasuk es krim kombinasi cokelat dan vanila yang ditempatkan dalam mesin pendingin khusus.

Lantas apa yang akan dibawa Dragon dari ISS? Seperti dimuat SPACE.com, Dragon akan mengangkut sejumlah benda aneh dan tak lazim dari ISS: darah dan urin para astronot. 

Ratusan sampel darah dan urin, sebagian disimpan dalam  bungkus plastik, lainnya dalam tabung suntik akan dijejalkan dalam kapsul Dragon yang dijadwalkan meninggalkan ISS pada Senin 28 Oktober 2012, setelah pukul 09.00 EDT atau 20.00 WIB. 

"Biosampel, hasil eksperimen, dan perangkat keras diangkut dalam #Dragon. Pintu kini telah ditutup. Pemberhentian terakhir: Bumi!," demikian tulis pejabat SpaceX dalam Twitternya Sabtu lalu. 

Total kargo yang dibawa pulang Dragon seberat 907 kilogram. Terdiri dari hasil eksperimen dan mesin dari ISS. Namun para ilmuwan Badan Antariksa AS, NASA justru lebih tertarik dengan sampel darah dan urin yang dibawa pulang. 

Ada 384 tabung suntik berisi urin, 112 tabung darah., Beberapa di antaranya menunggu setahun sebelum dikirim ke para ilmuwan di Bumi. Sampel-sampel tersebut, darah dan urin, diambil dari tubuh para astronot sebagai bagian dari dua eksperimen untuk mempelajari nutrisi para astronot dan bagaimana pola makan mereka membantu melindungi para astronot dari efek negatif jangka panjang dalam perjalanan ke luar angkasa, seperti pengeroposan tulang. 

Ahli nutrisi dari Johnson Space Center, Scott Smith mengatakan bagi kebanyakan orang, muatan itu mungkin aneh. "Namun, jika bagi sebagian besar orang itu hanya urin, bagi kami adalah emas," kata dia. "Ada banyak ilmu pengetahuan datang dari sana." 

Smith mengatakan, timnya belum menerima sampel darah maupun urin dari ISS sejak Juli 2011, saat NASA menghentikan misi ulang alik ke ISS. Sejak itu, sampel disimpan dalam kotak pendingin, sembari menunggu kedatangan kapsul Dragon. 

Misi Dragon bolak-balik ke ISS adalah bagian dari misi "Commercial Resupply Service 1", kerjasama bernilai US$1,6 miliar antara Space X dan NASA. 

Smith mengatakan, Dragon adalah kendaraan ulang alik yang tepat untuk sampel macam ini dari ISS. 'Kami bisa memulangkan bersamaan dengan kru memakai Soyuz (pesawat milik Rusia), tapi kapasitas kargo di Soyuz sangat terbatas," kata dia. 

Saat pulang ke Bumi, Dragon diharapkan berhasil tercemplung di Samudra Pasifik, di pesisir selatan Kalifornia. 

Tim pemulihan dari Space X akan membawa kapsul tersebut dan membawanya ke markasnya di McGregor, Texas. Sampel darah, urin, dan kargo lainnya akan dikirim ke Johnson Space Center NASA di Houston. (InfoAstronomy/SPACE)

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.