Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

21 Desember 2012 Bukan Hari Kiamat, Tetapi Titik Balik Matahari



Banyak sekali situs berita di internet yang memberitakan berita yang sama yaitu kiamat terjadi pada 21 Desember 2012. Dan anehnya, banyak orang yang lebih percaya internet dibanding Yang Maha Kuasa.

Faktanya, 21 Desember 2012 bukan hari yang buruk. Seperti yang diberitakan akan ada planet Nibiru yang bakal menabrak Bumi, jika planet itu ada, dan tanggal 21 Desember semakin dekat, seharusnya seluruh warga Bumi dapat melihat planet ini di langit. Tapi nyatanya, apakah kamu melihatnya?

Yang terjadi pada 21 Desember 2012 adalah Titik balik Matahari, terjadi saat bumi amat miring. Titik balik di bulan Juni terjadi bila Hemisfer Utara Bumi miring ke arah matahari dan Hemisfer Selatan Bumi miring menjauhi Matahari. Di Hemisfer Utara disebut Titik Balik Musim Panas. Titik Balik Juni biasanya pada 21 Juni.

Titik Balik Desember terjadi saat Hemisfer Selatan Bumi condong ke arah Matahari dan Hemisfer Utara condong menjauhi Matahari. Di Hemisfer Utara disebut Titik Balik Musim Dingin. Titik Balik Desember biasa terjadi pada 21 Desember.

Karena penyebab pastinya tak diketahui, pengaruhnya (hingga ada hari yang panjang maupun pendek) dikenal di banyak budaya kuno. Banyak budaya pra-Kristen, seperti kepercayaan Druid, Jermanik, dan Norman memperingati peristiwa-peristiwa sebagai hari besar.

Saat budaya-budaya seperti itu musnah, Kristen mengambil alih beberapa perayaan itu, yang kemudian dipakai untuk para santo mereka. Tanggal Natal dalam kepercayaan Katolik dan Kristen hanya 3 hari dari titik balik Desember.

Apakah kamu percaya kiamat 2012? Kami tidak. [infoAstronomy]

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.