Gabung menjadi member BelajarAstro KLUB yuk! Cek benefitnya~

Saran pencarian

Curiosity Akan Menyekop Tanah Planet Mars



Robot Curiosity akan menyekop tanah Mars pada Sabtu (6/10/2012), akhir pekan ini. Langkah ini menjadi pengambilan sampel tanah Mars pertama sekaligus tonggak baru misi Curiosity dalam menyelidiki kemungkinan planet tetangga Bumi itu mendukung kehidupan.

Rencana pengambilan sampel diputuskan setelah Curiosity sampai di daerah berpasir Mars, Rocknest, dan ilmuwan berhasil menemukan tempat yang tepat untuk mengambil sampel. Pengambilan akan dilakukan dengan sistem sekop di ujung lengan robotik Curiosity yang memiliki panjang 7 meter.

Sampel diambil nantinya akan dikirim dan dianalisis di dua instrumen yang juga terdapat di Curiosity, yaitu Sample Analysis at Mars (SAM) dan Chemistry and Mineralogy (CheMin). Namun, sebagai langkah pertama, sistem sekop dan lainnya akan dibersihkan dulu dari unsur-unsur Bumi.

"Kita ingin memastikan bahwa sampel pertama yang kami analisis benar-benar dari Mars. Jadi kita membersihkan semua material residu dari Bumi yang mungkin ada di sistem sekop," kata Joel Hurowitz, insinyur Badan Penerbangan dan Antariksa NASA yang menangani misi pengambilan sampel, seperti dikutip Space, Kamis (4/10/2012).

Metode pembersihan yang dilakukan adalah dengan menggetarkan sistem pengambilan sampel pada robot Curiosity. Metode ini persis seperti saat manusia berkumur, bedanya sistem pengambilan sampel akan "dibasuh" dengan pasir Mars.

Setelah pengambilan sampel, Curiosity akan tetap berada di Rocknest selama dua atau tiga minggu. Instrumen SAM dan CheMin akan memulai proses rumit untuk menganalisis sampel yang telah diambil sebelumnya.

Dari Rocknest, Curiosity akan menuju Glenelg, wilayah pertemuan tiga macam dataran di Mars. Glenelg berlokasi 100 m sebelah timur Rocknest. Jarak ini terkesan dekat namun butuh waktu agak lama bagi Curiosity untuk mencapainya. Sejak mendarat 5 Agustus 2012 lalu, Curiosity telah berjalan sejauh 484 m.

Target utama Curiosity adalah Gunung Sharp, gunung yang menjulang setinggi 5,5 km dari kawah Gale, tempat pendaratan Curiosity. Kaki gunung itu menunjukkan tanda pernah adanya air dalam bentuk cair di Mars. (InfoAstronomy/Space.com)

Posting Komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.