Memulai Hobi Astronomi Bagi Pemula

Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Tahukah Anda bahwa Anda bisa melihat galaksi yang berjarak 2,5 juta tahun cahaya jauhnya dengan mata telanjang? Atau melihat kawah-kawah di Bulan dengan teropong? Ada begitu banyak keajaiban yang menanti Anda di setiap malam yang cerah.

Sebagai astronom pemula, langkah pertama yang harus dilakukan adalah hanya melihat ke atas dan bertanya, "Apa itu?". Mulailah menatap bintang-bintang dari halaman belakang rumah Anda, dan Anda telah mengambil langkah pertama menuju eksplorasi dan menikmati keindahan alam semesta untuk seumur hidup Anda.

Berikut ini, kami akan jabarkan bagaimana seharusnya para astronom pemula memulai hobi astronominya.

Amati Langit Malam

Astronomi adalah hobi yang dilakukan di luar ruangan. Pergilah keluar rumah di malam hari dan amati langit malam. Dengan mengamati, Anda bisa menemukan ada begitu banyak benda-benda langit. Pelajari dan ketahui nama-namanya, cari tahu juga mengenai pola rasi-rasi bintangnya.

Di era modern seperti sekarang ini, Anda bisa menggunakan aplikasi peta langit yang bisa diunduh di toko aplikasi untuk membantu Anda mengidentifikasi bintang-bintang apa yang sedang ada di langit, sekaligus mengetahui nama dan karakteristik bintangnya.

Baca Juga: 5 Aplikasi Peta Langit yang Wajib Dicoba

Bahkan jika Anda tinggal di daerah yang polusi cahayanya parah, ada sebenarnya masih bisa melihat beberapa bintang terang. Memiliki kemampuan untuk melihat ke langit malam dan berkata, "Itu bintang Canopus" atau "Wow, ada Jupiter di sana!" akan memberi Anda kesenangan. Cobalah.

Baca Buku

Buku adalah jendela dunia. Untuk mempelajari astronomi, perbanyaklah membaca buku (bukan nonton video!). Memiliki pengetahuan yang luas tentang alam semesta dari sekadar membaca buku adalah hal yang menyenangkan. Astronomi adalah ilmu yang bisa dipelajari secara otodidak oleh siapapun.

Perpustakaan merupakan "alat belajar" astronomi yang paling penting bagi para astronom pemula. Tidak perlu membaca buku-buku dengan bahasan yang berat, Anda bisa memulai dengan membaca buku-buku tentang pengetahuan dasar yang perlu Anda ketahui.

Jika perpustakaan di daerah Anda tidak memiliki cukup buku yang membahas astronomi, toko buku lokal daerah Anda adalah pilihan alternatif. Sungguh, investasi dengan membeli buku tidak akan membuat Anda rugi. Beli buku-buku astronomi yang menurut Anda bahasannya mudah dimengerti.

Selain membaca buku, Anda tentunya bisa membaca informasi atau artikel astronomi melalui beberapa situs web astronomi. Walau begitu, yang benar-benar Anda butuhkan dalam memulai hobi astronomi adalah bacaan yang baik untuk menambah pengetahuan. Dengan kata lain, Anda butuh buku. Sempatkanlah melipir ke perpustakaan, ya!

Teleskop atau Teropong?

Rupanya, ketimbang teleskop, sebuah teropong (binokuler) cukup bagus untuk dijadikan alat pengamatan langit bagi astronom pemula. Teropong memiliki bidang pandang yang luas, sehingga memudahkan para astronom pemula dalam menemukan benda-benda langit yang ingin diamati.

Sedangkan teleskop, walaupun memiliki magnifikasi yang lebih tinggi, namun bidang pandangnya sempit. Teropong juga relatif lebih murah, mudah dibawa, dan mudah disimpan.

Bila Anda ingin membeli teropong, perhatikan bahwa untuk pengamatan astronomi, semakin besar lensa depan sebuah teropong, maka semakin baik. Kualitas optik tinggi juga penting dan perlu diperhatikan.

Begitu Anda memiliki teropong, Anda bisa bersenang-senang dalam melihat Bulan hingga melihat bintang-bintang terang di sepanjang jalur bentangan galaksi Bimasakti di langit. Terlebih bagi Anda yang sudah bisa mengetahui letak-letak benda langit, Anda bisa melihat puluhan gugus bintang, galaksi tetangga, hingga nebula.

Bergabunglah ke Komunitas

Belajar astronomi secara mandiri memang bagus, tapi tidak ada yang lebih menarik ketimbang berbagi pengetahuan kepada sesama peminat astronomi. Carilah komunitas atau klub astronomi di daerah Anda, hubungi narahubungnya dan cari tahu kapan mereka mengadakan pertemuan atau sesi pengamatan bersama.

Dengan ikut dalam sebuah komunitas, Anda akan memiliki teman-teman baru yang bisa diajak berbicara atau berbagi terkait astronomi. Ikut komunitas astronomi juga dapat menawarkan kesempatan bagus untuk mencoba teleskop yang mereka miliki, mempelajari apa yang belum Anda ketahui, serta mendapatkan banyak ilmu baru tentunya.

Beli Teleskop

Dengan teropong di tangan Anda, dan Anda telah bergabung ke sebuah komunitas astronomi. Nantinya Anda akan merasa membutuhkan teleskop sendiri. Bacalah ulasan-ulasan teleskop yang tersebar di internet, atau minta saran teman-teman dalam komunitas astronomi Anda sebelum membeli teleskop.

Jangan tergoda dengan harga teleskop yang murah. Dalam membeli teleksop, harga menentukan kualitas. Semakin murah, semakin mirip teleskop tersebut seperti mainan (atau memang mainan, yang sebenarnya dirancang hanya untuk hiasan ruangan).

Teleskop yang Anda butuhkan dalam hobi astronomi harus memiliki dua hal penting. Yang pertama adalah soliditas dan dudukan (mount) yang kokoh. Yang kedua adalah tentunya memiliki optik berkualitas tinggi.

Carilah teleskop dengan aperture besar (bukan focal lenght yang besar). Tapi jangan lupa faktor portabilitas dan kenyamanan teleskop. Ingat, teleskop astronomi terbaik untuk pemula adalah yang paling mudah Anda gunakan. Terkadang, para astronom pemula melupakan hal ini, dan membeli teleskop besar yang sulit dibawa dan dirakit, sehingga jadi jarang digunakan.