Header Ads

Melihat Galaksi Selain Bimasakti di Langit Malam

Baca Juga

Observasi langit malam. Kredit: Getty Images
Info Astronomy - Bosan melihat bentangan galaksi Bimasakti? Kita ternyata juga bisa melihat dua galaksi tetangga di langit malam, lho! Tapi perlu dicatat, kegiatan mengamati galaksi selain Bimasakti ini hanya bisa dilakukan di daerah yang jauh dari perkotaan.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di The Astrophysical Journal, alam semesta teramati memiliki sekitar 2 miliar galaksi. Walau begitu, jumlah galaksi yang bisa diamati dengan mata telanjang di langit malam tidak sebanyak itu.

Setidaknya, ada dua galaksi yang cukup terang sehingga bisa diamati dengan mata telanjang. Yakni adalah galaksi kerdil Awan Magellan Besar dan galaksi spiral Andromeda.

Bila ingin mengamati galaksi-galaksi ini, pastikan Anda berada di lokasi dengan polusi cahaya yang masih minim, atau setidaknya berada sangat jauh dari area perkotaan. Polusi cahaya adalah "musuh utama" dalam pengamatan objek-objek langit malam redup seperti galaksi. Sebisa mungkin untuk menghindari polusi cahaya ini.

Bila Anda sudah tahu daerah mana yang akan Anda tuju untuk mengamati galaksi-galaksi ini, berikut InfoAstronomy.org berikan kiat untuk mengamati keempat galaksi tersebut!
Pertama, mari kita gali lebih dalam tentang galaksi kerdil Awan Magellan Besar.

Awan Magellan Besar di langit Bromo. Kredit: Martin Mathadinata
Awan Magellan Besar merupakan satelit galaksi Bimasakti. Terletak pada jarak kurang dari 163.000 tahun cahaya (50 kiloparsec), Awan Magellan Besar adalah galaksi terdekat ketiga dari Bimasakti bersama dengan galaksi kerdil elips Sagitarius (16 kiloparsec) dan galaksi kerdil Kanis Mayor (12,9 kiloparsec) yang berada lebih dekat dengan pusat Bimasakti.

Dalam pandangan mata, galaksi kerdil Awan Magellan Besar terlihat sebagai "awan" yang samar dan redup di langit malam yang terletak di langit arah selatan. Ia terletak di perbatasan antara rasi bintang Dorado dan Mensa, serta terlihat dari Bumi dengan ukuran 20 kali lebih besar diameter sudutnya daripada Bulan Purnama.

Walaupun dikatakan terlihat sebagai "awan", kenampakannya sangat jauh berbeda dengan awan yang sesungguhnya. Seperti dalam gambar di atas yang dipotret di langit Bromo, galaksi kerdil Awan Magellan Besar nampak lebih terang dari bintang-bintang di sekitarnya.

Kedua, galaksi Andromeda, galaksi spiral terdekat Bimasakti.

Galaksi Andromeda di langit Bromo. Kredit: Martin Mathadinata
Terletak sekitar 2,5 juta tahun cahaya, galaksi Andromeda dianggap sebagai objek langit paling jauh yang bisa kita lihat dengan mata telanjang di malam hari dengan catatan berada di lokasi pengamatan yang bebas dari polusi cahaya. Pada jarak itu,  galaksi Andromeda akan terlihat memiliki diameter sudut sekitar 3 derajat.

Sebagai perbandingan, diameter sudut Bulan Purnama adalah sekitar 0,5 derajat (sekitar selebar ibu jari), sehingga Andromeda sekitar enam kali lebih besar! Jadi apa yang tampak pada gambar di atas memang seperti itu. Mungkin memang tidak persis benar ukurannya, tapi kurang lebih sebesar itulah galaksi Andromeda jika kita dapat melihat keseluruhannya.

Galaksi Andromeda akan muat dalam satu bidang pandang teleskop jika Anda berhasil menemukannya. Kalau Anda memiliki teleskop yang memiliki penggerak otomatis, atur saja dengan Koordinat J2000.0 ini agar menemukan galaksi Andromeda lebih gampang: α = 00h42.7m, δ = 41°16'.

Perlu diingat, dalam pandangan mata, galaksi Andromeda tidak akan secerah yang diharapkan. Anda hanya akan melihat galaksi tersebut sebagai pita kabut putih terang yang ditengahnya terdapat tonjolan terang juga yang berwarna putih.

Kiat Tambahan: Untuk menemukan kedua galaksi ini lebih mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi peta langit yang bisa diunduh untuk gawai yang Anda miliki, silakan klik di sini untuk melihat aplikasi rekomendasi kami: InfoAstronomy.org/unduh