Kota-kota di Dunia Dipotret oleh Satelit Indonesia

Satelit LAPAN-TUBSAT milik Indonesia. Kredit: LAPAN
Info Astronomy — Tahukah Anda dengan keberadaan satelit milik Indonesia yang bernama LAPAN-TUBSAT? Ya, kebanyakan orang Indonesia sendiri tidak mengetahui dan menganggap LAPAN tertinggal jauh teknologinya.

LAPAN-TUBSAT adalah sebuah satelit mikro yang dikembangkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bekerja sama dengan Universitas Teknik Berlin (Technische Universität Berlin; TU Berlin). Wahana ini dirancang berdasarkan satelit lain bernama DLR-TUBSAT, namun juga menyertakan sensor bintang yang baru.

Satelit LAPAN-TUBSAT yang berbentuk kotak dengan berat 57 kilogram dan dimensi 45 x 45 x 27 sentimeter ini akan digunakan untuk melakukan pemantauan langsung situasi di Bumi seperti kebakaran hutan, gunung berapi, banjir, menyimpan dan meneruskan pesan komunikasi di wilayah Indonesia, serta untuk misi komunikasi bergerak.

LAPAN-TUBSAT membawa sebuah kamera beresolusi tinggi dengan daya pisah 5 meter dan lebar sapuan 3,5 kilometer di permukaan Bumi pada ketinggian orbit 630 kilometer serta sebuah kamera resolusi rendah berdaya pisah 200 meter dan lebar sapuan 81 kilometer.

Kamera itu digunakan untuk pemantauan Bumi dari luar angkasa. Berikut citra beberapa kota di dunia yang dipotret satelit LAPAN-TUBSAT:
Paris, Perancis. Klik untuk memperbesar.

Jakarta, Indonesia. Klik untuk memperbesar.

Hamburg, Jerman. Klik untuk memperbesar.

Barcelona, Spanyol. Klik untuk memperbesar.

Kota-kota di Dunia Dipotret oleh Satelit Indonesia Kota-kota di Dunia Dipotret oleh Satelit Indonesia Reviewed by Kontributor on 4/05/2013 01:37:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.