Planet Ekstra Surya TrES-4, Planet Terbesar Sejagat


Info Astronomy — Ada yang tau planet terbesar sejagat raya itu adalah planet apa? Planet ini ukuranya lebih besar daripada Jupiter, planet termasif di tata surya kita.

Planet terbesar menurut para astronom ini bernama TrES-4. TrES-4 merupakan planet ekstra surya. Ia ditemukan pada tahun 2006 oleh Trans-Atlantic Exoplanet Survey menggunakan metode transit.

Planet ini berjarak 1400 tahun cahaya (430 pc) jauh di konstelasi Hercules. Ukurannya 0,919 kali lebih besar dari Jupiter tapi 1,799 kali diameternya, ia memberikan rata-rata kepadatan hanya sekitar 0,333 gram per sentimeter kubik.

Hal inilah yang membuat TrES-4b manjadi planet terbesar sekaligus dengan kepadatan terendah. Jarak Planet yang bernama TrES-4 ini orbitnya ada di sekitar bintang induknya yang hanya berjarak 3,5 hari.

Sebuah tim astronom internasional menemukannya menggunakan teleskop otomatis berjejaring yg disebut Trans-Atlantic Exoplanet Survey. TrES-4 dideteksi telah tertinggal dari bintang induknya yang bernama GSC 02620-00648. Teknik transit ini memungkinkan ilmuwan untuk mengkalkulasi ukuran planet.

Bintang induk TrES-4 sendiri juga objek yang tidak biasa, sebab memiliki usia nyaris sama dengan matahari kita. Namun bedanya dengan matahari yang menyinari Bumi kita ini adalah lebih besar dan bahkan berputar lebih cepat. Bahkan Matahari yang kita kenal selama ini diperkirakan bukan lagi objek terbesar di angkasa seperti yang disangka banyak orang. [cibuburklik]
Planet Ekstra Surya TrES-4, Planet Terbesar Sejagat Planet Ekstra Surya TrES-4, Planet Terbesar Sejagat Reviewed by Kontributor on 2/22/2013 07:37:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Kami sangat senang menerima komentar dari Anda. Sistem kami memoderasi komentar yang Anda kirim, jadi mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk komentar Anda muncul di sini. Komentar dengan link/url akan otomatis dihapus untuk keamanan. Berkomentarlah dengan sopan dan santun.